Menemani Anak : LISTRIK STATIS YANG BIKIN KETAWA



Holiparent Inspirasi Pendidikan Kreatif mengucapkan 
"SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI". 
Mohon maaf lahir dan batin.

Salah satu kegiatan kami sekeluarga di kala libur adalah "berolah raga" di Lapangan Tri Lomba Juang - Mugas Semarang. Istilah "berolah raga" sengaja saya beri tanda kutip, karena sebenarnya kami tidak berolah raga seperti halnya atlet olah raga : dari rumah, naik sepeda pelan-pelan / dengan santaiiiiiiiiiiii sekali kira-kira 30 menit. Kemudian kami main bola volley, juga santaiiiiiiii sekali, kira-kira 30 menit. Saya juga berjalan kaki keliling lapangan, santaiiiiiii sekali, 15 menit. Setelah itu kami duduk-duduk santaiiiiiiii sambil melihat-lihat orang-orang lain yang juga sedang duduk-duduk santai setelah berolah raga di Stadion Tri Lomba Juang. Jadi, kalau disebut "olah raga", maka olah raga kami adalah "yang penting keluar keringat & hati senang" saja....

Bagaimanapun, yang namanya berkegiatan "gerak badan" pasti berkeringat. Haus pun muncul. Dan kami sudah membawa air minum dalam wadah BOTOL PLASTIK.

Nah, ketika air minum dalam botol yang kami sudah habis, maka anak kami menggosok-gosokkan botol plastik itu ke rambut kepalanya, kemudian mendekatkannya ke rambut di kepala Mama-nya. Maka...rambut kepala Mama-nya pun BERDIRI karena "tertarik" oleh LISTRIK STATIS yang "muncul" pada botol plastik itu.

Maka, kami pun tertawa bersama-sama. Saya bahkan segera memfoto kejadian PRAKTIKUM NON FORMAL ini.



Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak Yth.,

Memang sudah banyak kali saya menuliskan di blog inspirasi pendidikan kreatif ini bahwa ANAK PERLU DITEMANI sehingga teori-teori yang dipelajarinya di sekolah SELALU DIINGAT oleh anak KAPAN PUN dan di setiap ADA KESEMPATAN anak akan mengisi waktu yang ada dengan MENERAPKAN teori-teori itu sebagai SESUATU YANG MENGHIBUR & MENYENANGKAN. Dengan demikian maka MEMPELAJARI teori di sekolah bukan lagi sekedar MENGHAFAL (apalagi menghafal dengan TERPAKSA demi mendapatkan NILAI ULANGAN yang baik saja), tetapi sungguh-sungguh DENGAN PEMAHAMAN dan dilandasi dengan RASA SENANG karena anak melihat bahwa itu semua BERMANFAAT.....setidaknya untuk MENGISI WAKTU LUANG dan BERCANDA secara ilmiah dengan orang tuanya.

Selamat menemani anak.

 
Selamat menemani anak untuk bercanda & tertawa bersama dengan praktikum-praktikum sederhana yang menyenangkan....dan tentu saja ilmiah. Anak menjadi TERBIASA MENERAPKAN teori-teori yang dipelajarinya di sekolah / dari buku DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Hal ini akan bermanfaat bagi anak (bahkan sampai kelak ketika dia sudah dewasa & sudah bekerja) : kalau mempelajari suatu (teori), dia sudah terbiasa untuk MENERAPKANNYA dalam kehidupan / pekerjaan sehari-hari. Dia tidak sekedar menjadi JAGO TEORI saja. (Tentang orang dewasa yang hanya "jago berteori" di tempat kerja (tanpa mampu menerapkannya) dapat dibaca dalam tulisan-tulisan di edisi sebelumnya di blog ini).

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa".


-----o0o-----

Foto dan tulisan oleh Constantinus Johanna Joseph. Ilmuwan Psikologi anggota Himpunan Psikologi Indonesia nomor 03-12D-0922.

Constantinus & Susana adalah pasangan suami istri lulusan SMA Kolese Loyola  pada tahun 1989 & lulusan Universitas Diponegoro dalam bidang Perikanan - Akuakultur (Aquaculture Engineering) dengan predikat Cumlaude pada tahun 1995.

Susana bekerja untuk sebuah perusahaan bank. Constantinus bekerja sebagai Praktisi Psikologi Industri & Komunikasi. Agatha adalah siswi SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang - Kelas IX E. Hobinya adalah menulis, melakukan aktivitas jurnalistik, fotografi, main piano dan main gitar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »