SELAMAT TAHUN BARU !



Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak pembaca setia Blog Pendidikan Kreatif "Holiparent" yang saya hormati,

Pertama-tama tentu saja saya harus menyampaikan permohonan maaf karenna untuk beberapa hari ini Blog Pendidikan Kreatif "Holiparent" tidak terbit.

Yang kedua, saya mengucapkan "Selamat Tahun Baru" untuk semua pembaca setia Blog Pendidikan Kreatif "Holiparent" dan juga "Selamat Natal" bagi pembaca yang merayakan Natal. Semoga kita semua selalu dalam berkat dan lindungan Tuhan Yang Mahaesa. Amin.

******************** 

Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak Yth.,

Liburan sekolah anak-anak memang baru saja berakhir, dan anak-anak kita sudah mulai masuk sekolah lagi.

Yang perlu kita renungkan adalah : karya kreatif apa yang telah dihasilkan oleh anak-anak kita selama liburan sekolah kali ini ?

Barangkali, liburan sekolah kali ini diisi dengan piknik atau jalan-jalan ke tempat tujuan wisata, dan sambil piknik atau jalan-jalan itu kita dan anak-anak banyak berfoto ria. Nah, foto-foto itu dapat di-edit oleh kita bersama dengan anak-anak kita, kemudian kita "up load" ke blog internet kita. Maka, jadilah karya kreatif hasil karya bersama kita dan anak kita. 



Atau, barangkali kita dan anak kita tidak piknik ke mana-mana, hanya di rumah saja, membaca buku-buku novel atau bacaan lainnya. Nah, anak kita bisa kita temani untuk menulis buku dan kemudian dijilidkan di tempat "fotokopi dan penjilidan" yang ada di dekat rumah kita. Maka, jadilah hasil karya kreatif buatan anak. Buku ini dapat dibagi-bagikan kepada teman-teman anak dan menjadi suatu proses yang membanggakan bagi anak dalam menghasilkan karya kreatif.


********************


Kebetulan, saya bersama anak dan istri tidak banyak jalan-jalan ke tempat tujuan wisata dalam liburan kali ini. Kami hanya jalan-jalan ke Museum Manusia Purba "Sangiran" (18 km dari Solo). Maka, sebagian besar waktu liburan sekolah kali ini memang diisi oleh anak saya dengan menulis berbagai macam cerita. 

Ketika sudah jadi, tulisan ini di-buku-kan di tempat "fotokopi dan penjilidan" yang ada di seberang kampus Universitas Semarang (sudah jadi langganan saya, namanya Fotokopi Andika). Biaya menjilid hard cover Rp 12.000,- per buku. Hasil jilidannya rapi dan bagus.

Apa yang bisa dipetik oleh anak dalam proses seperti ini ?


Anak jadi punya pengalaman bahwa untuk menghasilkan sebuah karya kreatif maka dia harus bekerja sama dengan orang lain yang ahli di bidangnya, supaya karya kreatifnya dapat terwujud dengan baik.

Anak jadi punya pengalaman bahwa membuat buku setidaknya memerlukan kehadiran seseorang yang ahli dalam menjilid buku. Selain itu, juga kehadiran penerbit yang membiayai penerbitan buku itu. Dalam hal ini, karena diterbitkan sendiri maka yang menjadi penerbit adalah dia (anak saya) sendiri. Namun demikian, anak jadi punya pengalaman bahwa setidaknya perlu adanya penulis, penerbit, dan yang mencetak / mem-buku-kan supaya sebuah karya dapat terwujud menjadi sebuah buku.


********************


Selamat menemani anak.

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa".


-----o0o-----

Foto dan tulisan oleh Constantinus Johanna Joseph, Ilmuwan Psikologi anggota Himpunan Psikologi Indonesia nomor 03-12D-0922, Praktisi Psikologi Industri dan Komunikasi.

Alamat e-mail : constantinus99@gmail.com
Alamat surat : Jalan Anjasmoro V nomor 24 Semarang
Telepon / SMS : 081 229 255 689  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »