TEHNIK TENDANGAN DASAR TAEKWONDO

Tehnik tendangan dasar Taekwondo – Seni bela diri Taekwondo memang menyebar luas disuluruh Dunia.Perkembangannya sangat pesat sekali,salah satu olahraga beladiri yang berasal dari Korea ini memang mahir didalam tendangan.Setiap cabang olahraga beladiri pasti mempunyai tendangan dasar yang berbeda-beda.Kalau anda kepengen menguasai tendangan dan jago bela diri kita harus menguasai dasarnya dulu.


Tehnik dasar itu sangat penting dan harus benar-benar dikuasai karena tehnik dasar tendangan akan membentuk tendangan menjadi kuat dan terarah.Kali ini Seni Pencak akan membahas apa saja tehnik tendangan yang terdapat dalam olahraga beladiri Taekwondo.

TEHNIK TENDANGAN DASAR

tehnik tendangan dasar taekwondo

Nama-nama tendangan dasar yang terdapat didalam olahraga beladiri Taekwondo antara lain,perhatikan dibawah ini :

1.Apchagi (tendangan depan)

Tendangan ini dilakukan dengan satu kaki diangkat dan ditendangkan kearah depan

2.Doliochagi (tendangan menuju kesamping

Tendangan ini dilakukan dengan satu kaki diangkat kemudian dibengkokkan sedikit,lalu ditendangkan kearah samping (biasanya tendangan ini lebih banyak digunakan oleh para Taekwondoin saat fighting.

3.Apturigi (tendangan cangkul)

Tendangan ini dilakukan dengan satu kaki diangkat keatas kemudian ditendangkan kearah kepala lawan ,lalu diturunkan tanpa hentakan.

4.Dol’ochogi (tendangan cangkul)

Tendangan ini dilakukan hampir sama dengan tendangan Apturigi hanya saja bedanya diturunkan dengan hentakan yang keras.

5.Dwi chagi (tendangan kebelakang)

Posisi badan diputar kebelakang lalu dengan cepat salah satu kaki ditendangkan ke arah kepala lawan dilakukan dengan kepala agak dibungkukkan.

6.Dwi Uragi (tendangan putar 360 derajatdengan mengaitkan kaki dikepala lawan )

Posisi badan diputar kebelakang,dan dengan cepat salah satu kaki dikaitkan dengan tendangan putar 360 derajat ke arah kepala lawan.

7.Yap Chagi (tendangan samping kearah kepala)

Posisi kaki agak diputar sedikit kesamping ,lalu dihentakkan kemudian ditendangkan kearah kepala lawan.

8.Yap turigi (tendangan samping mengaitkan kearah kepala)

Posisi kaki agak diputar sedikit ke samping lalu ditendangkan dan dikaitkan kearah kepala lawan anda.

Demikianlah beberapa macam tehnik tendangan dasar dalam Taekwondo.Setelah anda memahami diatas mulailah latihan dengan tekun,sebisa mungkin tendangan dasar harus dikuasai dengan baik,lalu dikembangkan.Semoga bermanfaat.Terima kasih

Sumber (Buku seni beladiri Taekwondo,Penulis Bellavia Ariestia Dofi,Penerbit Unit Kegiatan Mahasiswa Taekwondo LPT YAI jakarta,2008)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »