METODE TEHNIK DASAR TAEKWONDO

Tehnik dasar Taekwondo – Setiap cabang olahraga beladiri pasti mempunyai tehnik dasar yang berbeda-beda dan itu harus bisa dikuasai dengan baik.Tehnik dasar gerakan-gerakan pada Taekwondo sendiri lebih banyak diperankan dengan menggunakan kemampuan kaki untuk pertarungan atas (standing fighting),tetapi bukan berarti tidak diajarkan gerakan-gerakan tangan.Gerakana tangan juga diajari tapi hanya sekitar kurang lebih beberapa persen saja.Gerakan- gerakan tangan biasanya hanya dipakai untuk
menangkis baik tangkisan atas (Chukio maki) atau tangkisan bawah (are maki) selain gerakan tangan juga dipakai untuk melengkapi keindahan jurus-jurus (pomse) didalam Taekwondo.



Latihan Taekwondo juga mencakup suatu sistem yang menyeluruh baik dari pukulan maupun pertahanan dengan tangan.Selain itu jurus-jurus dalam Taekwondo juga dilengkapi dengan tendangan yang amat bervariasi.Apakah sobat Seni Pencak berminat belajar Taekwondo? Sebelum anda mulai latihan sebaiknya kenalilah Tehnik dasar Taekwondo terlebih dahulu sebagai gambarannya.



TEHNIK DASAR TAEKWONDO


Taekwondo memang terkenal dengan tendangannya yang cepat dan akurat.Dibawah ini jenis-jenis materi dalam Taekwondo,meliputi :

1.Dynamic sport

Dynamic sport merupakan kumpulan-kumpulan tehnik olahraga universal yang disusun sedemikian rupa untuk manikkan stamina dan daya tahan tubuh,kelincahan dan semangat yang biasa dikembangkan dalam mempersiapkan para atlet Taekwondo.Nampak bahwa hampir semua tehnik Taekwondo sesungguhnya merupakan serangkaian mekanisme latihan berantai yang memerlukan latihan tambahan dynamic sport

2.Dynamic streatcing

Dynamic steatching adalah tehnik peregangan yang merupakan bagian terpenting dalam Taekwondo.Baik untuk kelanjutan latihan maupun pencegahan terhadap cidera otot.Latihan peregangan yang dilakukan secara bertahap berupa peregangan dinamis,peregangan pasif dan peregangan aktif dan bila telah cukup terlatih dapat dilanjutkan keperegangan isometric.

3.Bodi strenght

Sebuah latihan light body building untuk membentuk body strenght lazim juga digunakan oleh para atlet untuk memperkuat dan memperindah beberapa bagian tubuh dalam peragaan.

4.Basic movement

Basic movement adalah merupkan gerakan dasar beladiri Taekwondo berupa tehnik kuda-kuda (seo-gi),tehnik pukulan (jirugi) tehnik tendangan (chagi),tehnik tusukan (chirugi),tehnik sentakan (chigi),tehnik sikutan (palkoop)tehnik tangkisan(maggi),tehnik steep (baljit-ki) dan lain-lain.

5.Hosinsool

Hosinsool merupakan tehnik beladiri praktis yang bersumber dari taegeuk,koryo,dan lain-lain.

6.Sparring

Sparring terdiri dari fre sparring untuk sabuk kuning keatas dan 1-3 step sparring untuk semua tingkatan.

7.Poomse

Poomse merupakan pelajaran tentang rangkaian pelajaranyang terangkum dalam taegeuk,koryo,kumkang,taebaek,dan sebagainya

8.Kyupa

Kyupa merupakan tehnik-tehnik yang diuji dengan cara memecahkan papan ,batu bata atau benda keras lainnya.

9.Kihop

Kihop adalah tehnik pernafasan ringan untuk menunjang semangat dan konsentrasi.Di Indonesia lazim disebut sebagai tehnik pernafasan tenaga dalam.

Demikianlah metode tehnik dasar taekwondo,semoga informasi diatas dapat membantu anda mengenal seni beladiri Taekwondo.Kalau anda berminat silahkan mendaftar dan mulai latihan dengan sungguh-sungguh.Terima kasih.

Sumber (Buku Seni Bela Diri Taekwondo,Penulis Bellavista Ariestia Dofi,Penerbit Unit Kegiatan Mahasiswa Taekwondo LPT YAI,Jakarta,2008)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »