PELATIHAN PROBLEM SOLVING DALAM AIKIDO


Pelatihan Problem Solving – Pernahkah anda melihat gerakan Aikido? Gerakan Aido sangatlah lembut dan mempunyai kekuatan yang luar biasa karena memanfaatkan tenanga lawan.Selain itu beladiri Aikido juga menggunakan rasa dan kasih,dalam RASA Training,pelatihan problem solving ada 2 yaitu :

1.Pelatihan mencari solusi aneka masalah dengan kemampuan terbatas,tanpa mati daya atau akal.

2.Pelatihan mencari solusi satu masalah dengan aneka anjuran atau teori yang sama-sama tampak hebat tanpa dibuat pusing.


PELATIHAN PROBLEM SOLVING DALAM DROP and LOCK TRAINING


Mula-mula peserta diberi petunjuk cara menerapkan suatu gerakan (mis.hand turn) terhadap suatu masalah yang sederhana (mis.crosss hold),Setelah paham,dia mendapatkan tugas untuk mengatasi masalah straight hold.Dia  tidak boleh memakai cara gerak hand turn.Kemudian  setelah dapat mengatasi masalah staright hold,dia mendapat  tugas untuk mengatasi masalah stab atau back threat atau  lainnya (satu per satu) dengan tetap memakai cara hand turn-tidak boleh memakai cara atau kemampuan lain.

Cara peatihan yang demikian akan membuat peserta terlatih (dan punya rasa percaya diri) untuk mengatasi jenis masalah apa pun dengan kemampuan terbatas yang dimilikinya ,tanpa mati daya atau akal.

PELATIHAN PROBLEM SOLVING CARA KEDUA


Mula-mula peserta diberi petunjuk tentang macam-macam teori atau cara gerak yang bagus.Lalu peserta mendapat tugas untuk mengatasi suatu masalah (misal kombinasi hook dan upper-cut).Dia boleh memakai cara apa pun,asalkan cara tersebut sesuai dengan masalah yang dihadapi dan merupakan cara yang paling patut (dibandingkan cara-cara lain) dalam memenuhi kriteria RASA Training (MARI Bijak)

Cara pelatihan yang demikian akan membuat peserta terlatih untuk berusaha tanpa kehabisan cara bertindak dalam mengatasi suatu masalah tertentu,apa pun hambatannya .Dia juga akan mampu menganalisis secara cepat macam solusi yang paling bagus untuk mengatasi masalah yang dihadapinya.

Dalam pelatihan problem solving ,para peserta sering mendapat tugas untuk mencari solusi suatu masalah.Solusi yang disarankan para peserta akan dicermati bersama-sama (sebagai bagian dari RASA Training untuk melatih sikap dan perilaku mau mengakui kekurangan diri dan menghormati keunggulan orang lain,serta mencapai pribadi yang berkarakter high quality,low profile),untuk menentukan solusi mana yang paling layak dan berkualitas menurut kriteria “MARI Bijak”.

Sebagai pelatihan problem solving yang realistis dan rasional,RASA Training mengingatkan :

1.Masalah yang muncul mungkin akan berubah atau berkembang.Karena itu,mungkin saja ada masalah yang sulit diatasi secara tuntas dalam waktu singkat bahkan mungkin saja ,ada masalah yang tidak dapat dibereskan pada saat itu juga.

2.Meskipun tidak semua masalah mudah diselesaikan tidak ada hal yang tidak mungkin dan melewati masa keberadaannya.

3.Jangan mendatangkan masalah.Namun juga jangan lari dari masalah yang ditimbulkan sendiri.

4.Hindari masalah.Tetapi,jika tidak terhindarkan,sulit tidak sulit,cobalah memakai kecerdasan dan sikap bijak untuk mengatasi masalah tersebut.

5.Keterampilan diperoleh dari latihan tekun dan pengalaman berlatih secara nyata.

Demikianlah Pelatihan Problem Solving dalam Aikido,semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda dalam dunia beladiri Aikido.Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »