PENGERTIAN LOGO HE dan PENCIPTA AIKIDO


Pengertian Logo HE dan Pencipta Aikido – Pengertian Aikido adalah sejenis ilmu beladiri asal negara Jepang.Padahal beladiri ini jauh dari Negara kita kok bisa berkembang disini ya? Mungkin kalian para sobat Seni Pencak punya keinginan untuk mengetahui sejarah Aikido Masuk di Indonesia.Selain sejarah pastinya beladiri ini ada yang menciptakan.

Selain itu setiap cabang olahraga beladiri mempunyai ciri khas yang di gambarkan menjadi sebuah
lambang.Lambang itu dibuat bukan hanya asal akan tetapi mengandung makna di dalamnya.Di bawah ini kita akan membahas secara detail tentang Pengertian Logo HE dan Pencipta Aikido.

PENCIPTA AIKIDO

PENCIPTA AIKIDO

Aikido adalah sejenis ilmu beladiri asal negara Jepang.Pencipta Aikido (Aikido Kaiso) adalah UESHIBA Morihei,yang di kalangan aliran AIKIKAI dikenal dengan sebutan O sensei.Aikido diciptakan dari ajaran Daitoryu Jujutsu (yang juga dikenal sebagai Daitoryu Aikijujutsu dan Kenjutsu,plus beberapa ilmu lain yang pernah dipelajari oleh Aikido Kaiso.

Pelatihan Aikido yang lengkap (seperti yang di ajarkan dan diharapkan Aikido Kaiso)adalah :

1.Terapan moral Aikido “ai” (rasa kasih/welas asih)secara nyata

2.Inti sari ajaran Aikido yaitu AIKI,yang terdiri dari dua hal,yaitu :

a.)Ki-shin-tai no toitsu,yang merupakan peatihan kemanunggalan (toitsu) antara gerak tubuh/body (tai) dengan semangat/daya (ki) dan rasa plus pikiran / mind (shin)

b.)Ki musubi,yang merupakan pelatihan paduan harmonis antara diri praktisi Aikido dengan orang lain (gerakan uke)atau alam lingkungan (mis.lantai,pohon,isi ruangan)

3.Waza atau jurus Aikido yang merupakan gerak tampilan yang terdiri dari tiga jenis gerak,yaitu:

a.)Nage waza atau tehnik bantingan

b.)Katame waza atau tehnik kuncian

c.)Nage Katame waza atau tehnik bantingan yang dilanjutkan dengan tehnik kuncian.

PENGERTIAN LOGO AKSARA HE


Aksara Tionghoa HE (kebersamaan) tidak hanya dikenal dan dipakai oleh orang Tionghoa,tetapi juga oleh orang Jepang,Korea dan lainnya .Sayangnya,pada masa kini jarang ada orang yang meninjau dengan cermat arti aksara HE.

Aksara HE (kebersamaan) terdiri dari tiga aksara yaitu aksara REN (orang),aksara YI (satu),dan aksara KOU (mulut)

Apa arti komposisi tersebut?HE akan terbentuk dan terbina baik apabila ada unsur (dengan kualitas yang disyaratkan)

1.REN (orang) yang menggambarkan orang yang mau rajin merawat (bukan hanya memanfaatkan secara serakah) mau saling menghormati,mau saling menolong,dan mau saling mendukung-semuanya dilakukan dengan tulus.

2.YI (satu),yang menggambarkan satu dan setara

a.)Sat tujuan bersama (kesuksesan,kesejahteraan,serta kebahagiab bersama) yang harus diutamakan.

b.)Kesetaraan dalam hak,kewajiban,dan kesempatan (tanpa ada diskriminasi dengan alasan apa pun)\

3.KOU (mulut) yang menggambarkan fungsi mulut

a.)Untuk makan tidak banyak,tidak sedikit (kesejahteraan pribadi perlu,kebahagiaan bersama juga perlu)

b.)Untuk bicara tidak banyak,tidak sedikit (jelas,tidak bohong,tidak jahat,saling memberi kesempatan bicara)

Bila salah satu Unsur (Ren/Yi/Kou) hilang atau bermutu jelek,kebersamaan akan mudah hancur.Jika semua unsur lengkap dan bermutu,aneka masalah (keluarga,pekerjaan atau Nasional akan dapat diselesaikan dengan mudah.

Demikianlah Pengertian Logo HE dan Pencipta Aikido.Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda tentang cabang beladiri Aikido.Seni Pencak akan selalu memberikan informasi tentang beladiri sesuai kebutuhan anda.Terima Kasih
Sumber (Buku RASA (Rational And Scientific Application) dan TIPS AIKIDO cetakan pertama 1 maret 2009.Editor Selviya Manuputty,Design Anggit Bhuntoro,Pracetak Dampriyanto,Penerbit Masmedia Buana Pustaka Jl.Tropodo 1 No.111,Waru Sisoarjo,Jawa Timur)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »