SEJARAH SINGKAT BERKEMBANGNYA AIKIDO di INDONESIA


Sejarah Aikido di Indonesia – Aikido adalah salah satu cabang olahraga beladiri yang berasal dari Jepang.Gerakan beladiri Aikido sangat halus karena menggunakan rasa dan kasih.Beladiri ini sudah berkembang pesat sampai keseluruh Dunia khususnya Indonesia.Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa belajar seni beladiri ini,dengan gerakannya khas menjadikan Aikido salah satu olahraga beladiri yang banyak
peminatnya.Selain untuk melindungi diri dari gangguan luar juga menyehatkan badan dan pikiran jadi fresh.

Bagaimana Aikido bisa masuk ke Indonesia? Agar anda tidak penasaran dengan olahraga beladiri yang satu ini mari kita simak bersama-sama tentang Sejarah Singkat Berkembangnya Aikido di Indonesia.

sejarah singkat aikido masuk di indonesia

SEJARAH BERKEMBANGNYA AIKIDO dI INDONESIA


Sebelum 1975,pelatihan Aikido cara Yoshinkan Tomiki dan Aikikai pernah diperkenalkan di Indonesia.Tetapi hanya pelatihan aliran yang berkembang terus,dimulai dengan Surabaya Aikido Club yang kemudian meluas secara nasional (pelatihan di Jakarta diadakan Oleh Bapak.Imam Kurnain-Dan 1,di Sulawesi oleh Bapak. Glenn Wala – Kyu 1,dan di Gresik oleh Bapak.Mayor Soeprapto dengan penulis sevbagai pelatih keliling.

Awal perintisan Aikido aliran Aikikai diawali dengan dorongan moral Mr.Kochi Eiichi (murid Tanaka Bansen Shihan),Mr.Wong Sui Shing – ketua Hong Kong Aikido Association,dan Tohei Koichi Shihan (saat itu menjabat sebagai Hombu-cho Aikikai).
Dengan berkembangnya Aikido di luar Surabaya,pada tahun 1975,penulis mendirikan INDONESIA AIKIKAI yang berpusat di Surabaya (dengan pusat latihan,informasi,dokumen,dan perpustakaan tetap di Surabaya.Perkembangannya terus berlanjut.Pada tahun 1980 Bpk.A.Aziz (sekarang shidoin)memperkenalkan Aikido dipulau Sumbawa.Pada tahun 1981,Bapak.Robert Felix (murid Bapak Glenn Wala) beragabung di cabang Jakarta pimpinan Bapak.Imam Kurnain – Dan 1.Pada tahun 1982,Bapak.Josef Poetiray – Dan 1,Bapak.Mansyur Idham – Kyu 1,dan Bapak Ahmad Mahbub – Kyu 1,tiga mantan mahasiswa Jepang secara bersamaan ikut bergabung di cabang Jakarta.

Logo Indonesia AIKIKAI (1975) berandaskan bentuk logo IAF dengan dwi warna (merah-putih) Indonesia.Sedangkan misi INDONESIA AIKIKAI adalah membina dan mengayomi segala kegiatan Aikido di Indonesia.

Demikianlah Sejarah Singkat Berkembangnya Aikido di Indonesia.Dengan membaca artikel di atas kita mulai tahu bagaiman Aikido bisa sampai ke Indonesia.Kalau anda berminat silahkan segera mendaftar dan mengikuti latihan dengan baik dan mematuhi segala peraturan.Semoga bermanfaat.
Sumber (Buku RASA (Rational And Scientific Application) dan TIPS AIKIDO cetakan 1,Maret 2009 – Editor Selviya Manuputty,Design Anggit Bhuntoro,Pracetak Dampriyanto,Penerbit Masmedia Buana Pustaka Jl.Tropodo 1 No.111,Waru Sidoarjo,Jawa Timur)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »