CARA PELATIHAN AIKIDO WHAT-WHY-HOW


Cara Pelatihan Aikido What – Why – How.Hellow sahabat Seni Pencak,masih semangat latihan? Semangat dalam latihan beladiri harus selalu dikobarkan khususnya berlatih Aikido.Dalam RASA Training,proses pembelajaran what-why-how (dengan landasan kecerdasan dan akal sehat atau logika) ada dalam segala program sehingga peserta memahami benar apa yang dilakukannya (jadi tidak hanya melihat,tetapi juga meniru dan menghafalkan gerak).


PELATIHAN WHAT WHY HOW

Sebagai contoh,pelatihan cara what-why-how dalam program Educative and Creativ Training atau Healthy Smart Wise Training.

1.Masalah (What) terkadang saat bergerak terasa tidak nyaman

2.Penyebab (why) Bergerak tidak sesuai dengan fungsi atau posisi alami bagian tubuh tersebut (yang merasa tidak nyaman)

3.Sousi (How) Belajar memahami posisi alami dan gerak alami tubuh atau anggota tubuh (belajar memahami diri sendiri) dan bergerak dengan perlahan dulu untuk merasakan gerakan sehingga memahami gerakan yang nyaman.

Dalam program DROP and LOCK Training pelatihan cara what-why-how dalam kasus cara menetralisir masalah upper hold (cengkeraman di baju dekat leher).Pada cara lain orang menetralisir upper hold depan lawan dengan lebih dulu memukul wajah atau dagu penyerang.

WHATS TEHE PROBLEM?


Cara ini membahayakan diri praktisi karena dengan menangkis ke luar atau ke dalam pukulan praktisi,penyerang dapat menahan atau menekan lengan atas praktisi lalu memukul wajah.

WHY?


Karena praktisi mencoba mengatsi masalah di dangerous zone (daerah serangan lawan ) daerah depan penyerang ,kawasan aktivitas tinggi lima senjata alami penyerang

HOW?


Solusi ini juga merupakan solusi atas keluhan para peminat cara jatuhan atau kuncian yang berpikiran kritis,realistis,dan rasional.

Dalam DROP and LOCK Training,pembela diri harus menetralisir ancaman masalah tersebut dari luar dangerous zone,yaitu dengan membuat siku lawan (pada lengan yang dipakai untuk mencengkeram)naik ke arah dalam.Dengan cara ini penyerang sulit melakukan serangan lain dan pembela diri dapat melakukan kontrol perubahan ancaman atau mengakhiri proses paduan gerak dengan cara sambil jalan,sambil berusaha dengan bijak.

Cara What-why-how dapat memberikan hasil yang bagus dalam pembelajaran apa pun.baik di sekolah (dari pelajaran bahasa hingga pelajaran ekstra,dari keseian hingga olahraga),di rumah (baik pembelajaran keada anak maupun kepada para pembantu),maupun di kantor atau perusahaan terutama kepada karyawan baru agar mereka tidak melakukan kesalahan dan dapat bekerja dengan nyaman).

Demikianlah Cara Pelatihan Aikido What-Why-How.Beladiri merupakan kesenian dan olahraga jangan disalah gunakan.Di saat mendesak anda boleh menggunakan dikarenakan adanya gangguan dari luar (penjahat).Dengan mengikuti beladiri tubuh anda menjadi sehat dan menjalin silaturahmi antar sesama manusia.Semoga bermanfaat.Terima Kasih
Sumber (Buku RASA (Rational and Scientific Application & TIPS AIKIDO,Editor Selviya Manuputty,Design Anggit Bhuntoro,Praceta Dampriyanto,Penerbit Masmedia Buana Pustaka Jln.Tropodo 1 No.111,Waru Sidoarjo Jawa Timur,Cetakan 1 :Maret 2009)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »