Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara adalah sebuah bandar udara yang terletak di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Selain untuk melayani masyarakat, bandara ini juga merupakan salah satu pangkalan angkatan udara TNI. Jika dilihat di peta maka bandara umum akan terlihat di sebelah barat selatan dan militer di kanan barat selatan. Di sebelah utara landas pacunya dapat terlihat hanggar-hanggar milik PT. Dirgantara Indonesia.

 Bandar udara Husein Sastranegara dibangun Belanda di masa kolonial, di desa Andir, Bandung. Dan nama Husein Sastranegara berasal dari nama seorang perintis TNI-AU yang bernama Husein Sastranegara.


 Pengamat penerbangan Chappy Hakim menilai Bandar Udara (Bandara) Husein Sastranegara awalnya dibangun bukan untuk penerbangan komersial (commercial flight).
Karena itu, melihat perkembangan jumlah penumpang dan jumlah maskapai yang masuk ke Bandung, sudah selayaknya dibangun bandara baru pengganti Husein Sastranegara.
"Kalau cuma lampu penuntun penerbangannya padam karena air hujan, itu masih untung karena sebenarnya Bandara Husein sudah tidak layak disebut sebagai bandara untuk penerbangan komersial. Letaknya di lahan pegunungan, banyaknya permukiman, apronnya yang terbatas, juga runway-nya yang cuma 1 dan pendek," ujar Chappy kepada Tribun saat diminta komentarnya mengenai padamnya lampu penuntun penerbangan Bandara Husein,
Bandung sebenarnya tidak memiliki bandara komersial. Penerbangan di Husein hanya nebeng. Pasalnya, Bandara Husein awalnya didesain untuk pangkalan TNI AU yang dilengkapi dengan gudang perlengkapan perang, bengkel pesawat dengan hanggar terbesar se-Asia Tenggara, sekolah penerbangan, dan PT DI sebagai pabrik perakitan pesawat.
Sebaiknya pemerintah melibatkan konsultan yang ahli di bidang pembangunan bandara beserta kelengkapannya. Tidak bisa hanya memiliki keinginan membangun bandara, tanpa mempertimbangkan kemungkinan perkembangannya di waktu mendatang.
"Membangun bandara itu tidak bisa asal ngarang-ngarang. Harus melibatkan konsultan di bidangnya masing-masing. Ada konsultan di bidang terminalnya khusus, di bidang apron, bidang runway, taxiway, termasuk segala fasilitas pendukung lainnya,"
Sejak tahun 2000-an, transportasi udara mengalami pertumbuhan yang pesat, rata-rata 8-10 persen per tahun. Tapi pertumbuhan ini tidak disertai dengan pertumbuhan sumber daya manusia dan pengembangan infrastrukturnya. Infrastruktur yang dimaksud adalah fasilitas runway, taxiway, apron, terminal, dan termasuk jalan menuju atau keluar dari bandara.
Ia menyebutkan, Bandara Ngurah Rai di Denpasar, Bali, juga dinilai tidak terencana dengan baik. Pasalnya, terminal penumpang diperbaiki dan ditambah kapasitasnya, tapi runway-nya hanya satu sehingga terjadi overload penerbangan. Itu terjadi di semua bandara di Indonesia.






            


























Share this

Related Posts

Previous
Next Post »