Bandara Sepinggan di Balikpapan, Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman

Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (IATA: BPNICAO: WALL) adalah bandar udara yang melayani penerbangan untuk Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Bandara ini dioperasikan oleh PT. Angkasa Pura I dan dibuka pada tanggal 6 Agustus 1997. Bandara ini memiliki luas 300 hektar dan merupakan bandar udara ke-4 terbesar dari 13 bandara yang dikelola PT. Angkasa Pura I. Rencana pengembangan pada lahan-lahan yang tersedia di sekitar bandara ini terus dilaksanakan, antara lain hotel transit meeting room, restoran dan mini market.
Dengan lokasi bandar udara di tengah pemukiman padat penduduk, pendaratan di bandar udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman cukup menegangkan bagi penumpang maupun pilot. Peneliti Universitas Indonesia mengungkapkan tingkat kebisingan bandar udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman melampaui baku mutu yang telah ditetapkan dan membuat 100% penduduk sekitar terganggu.







 Pertama kali melihatnya, semua traveler pasti menyangka sedang berada di luar negeri. Bandara Sepinggan di Balikpapan memang baru memoles diri. Cantiknya seperti Bandara Changi di Singapura.

Sebelumnya, Bandara Sepinggan hanyalah sebuah bangunan sederhana dengan bentuk yang biasa saja. Namun, semenjak 22 Maret 2014 kemarin, bandara ini sudah bertransformasi jadi bangunan yang jauh lebih keren.

Dengan warna mayoritas putih dan banyak kaca, bandara ini hadir seperti permata baru di Balikpapan. Layaknya kebanyakan bandara di luar negeri seperti Bandara Kuala Lumpur dan Singapura, bandara ini hemat energi dengan banyaknya dinding kaca.

Jadi saat siang hari tidak perlu menyalakan lampu karena sinar mentari akan menelusup masuk ke dalam bangunan. Tidak membiarkan sinar mentari masuk begitu saja, di dalam bangunan juga banyak taman dan tanaman hijau.

Sehingga sinar mentari yang masuk ini juga bisa membantu pertumbuhan tumbuhan yang ada di sana. Karena atapnya yang menjulang tinggi, suasana yang tercipta pun terasa luas dan lega.

Bandara dengan luas area 300 hektar ini juga menjadi bandara perama yang memiliki mal di dalamnya. Namun saat ini, mal belum dibuka karena belum banyak tenant yang menyewa ruko-rukonya.

Setelah masuk ke area check in, kenyamanan masih terasa benar. Di area tunggunya, terdapat banyak kursi empuk yang bisa diduduki para calon penumpang. Ada pula tempat untuk mengisi baterai ponsel, lengkap dengan aneka colokan berdasarkan merk hape.

Penumpang cilik pun akan dimanjakan di sini. Ada sederet stroller yang bisa digunakan di area bandara. Asyiknya, tidak ada biaya sewa untuk stroller ini alias gratis. Untuk anak yang lebih besar, ada area bermain khusus yang bisa dijadikan area bermain untuk anak-anak. Dijamin, anak-anak tidak akan rewel di sini!












Kota nyaman

Kota Balikpapan mendapatkan peringkat teratas sebagai kota yang nyaman untuk ditinggali. Dari survei yang dilakukan oleh Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia, kota Balikpapan secara signifikan berada di atas rata-rata nasional untuk aspek tata kota dan pengelolaan lingkungan dibandingkan dengan kota lain































Share this

Related Posts

Previous
Next Post »