Taman Topi Bogor (Ade Irma Suryani)


Arachely Serena Pramudya (2y5m) singgah di Kota Bogor untuk belanja atau berjalan-jalan menikmati keindahan Kota Hujan ini, mampirlah ke Taman Topi yang merupakan salah satu objek tujuan wisata keluarga untuk bersantai atau sekedar menikmati dan mencicipi makanan yang tersedia di kawasan tersebut.
Dinamakan Taman Topi karena adanya 3 buah topi besar terbuat dari beton yang sangat mencolok. Taman ini terletak di jantung kota dekat stasiun kereta api Bogor di Jalan Kapten Muslihat. Di hari-hari biasa taman ini seringkali diramaikan pengunjung dari kalangan muda hanya untuk menikmati berbagai makanan sambil duduk bersantai ria.
Dalam Taman Topi, terdapat taman bermain yaitu Taman Ade Irma Suryani yang memiliki beraneka ragam wahana permainan. Keluarga Anda bisa bermain sambil menikmati Taman yang indah dan berwisata kuliner makanan khas Bogor.Bila Anda mampir ke Taman Topi akan terlihat berbagai macam makanan, mulai dari gerobak dorong hingga restoran seperti : California Fried Chicken, Restoran Padang, es doger, mie ayam bakso, es durian, goreng-gorengan, makanan khas Sunda dan lain-lain. Selain itu tersedia pula salon/barber shop, cindera mata, pusat informasi wisata, travel biro serta taman bermain. Hari Minggu/libur tempat ini ramai dikunjungi untuk menikmati berbagai jajanan makanan yang tersebar.
Harga Tiket masuk:
Harga Biasa: Rp. 4000
Hari Minggu/Libur: Rp. 5000
Alamat: Jalan Kapten Muslihat No.51, Bogor 16124
Telp: (0251) 834-5092
Fax: (0251) 832-6934
Sebenarnya nama dari taman yang lokasinya berada di stasiun Bogor ini, bukan Taman Topi, namun, Plaza Kapten Muslihat.

Tahun 1975 Gubernur Jawa Barat, Yogi S.M resmikan Taman Ade Irma Suryani, dan kemudian pada tahun 1985 resmikan kembali Taman Plaza Kapten Muslihat ini dengan luas area kurang lebih sekitar 23750m2, nama dari taman-taman ini diambil dari nama pahlawan dari Bogor dan Indonesia yang sekarang biasa disebut dengan nama Taman Topi, dahulunya pada jaman pemerintahan Belanda taman ini disebut Kebun Kembang,


 Masyarakat sekitar menyebutnya Taman Topi karena melihat adanya bangunan unik yaitu berbentuk sebuah topi, padahal kalau kita melihat secara lebih teliti hanya ada satu bangunan saja yang bentuknya topi.

Bangunan dari Taman Topi yang unik, motif, atap serta warna. Sebuah bangunan tidak hanya sekedar sebuah bangunan, bangunan ini mempunyai makna tersendiri yang sesuai dengan kota Bogor seperti halnya daun alas, daun pisang serta daun alpukat, untuk melambangkan kepahlawanan ada bangunan beratap helm seorang pejuang.

Jadi bisa dikatakan kalau bagunan unik ini menjadi salah satu identitas dari kota Bogor.

Nama dari Taman Topi yang berubah tak membuat Taman Topi ini lantas menjadi sepi, terlebih lagi pada waktu hari sabtu dan minggu karena disini akan hadir komunitas dari seluruh kawasan Bogor yang akan berlangsung pada pukul mulai 13.00-17.00 WIB.

Pada waktu hari minggu sengaja dikhususkan untuk para anak-anak dengan menghadirkan berbagai cerita dongeng yang bertujuan untuk melestarikan berbagai kegiatan anak-anak yang makin lama makin pudar.

Mengunakan nama Taman Topi ataupun nama Taman Plaza Kapten Muslihat akan tetap sama di mata masyarakat tempat wisata ini adalah sebuah tempat wisata keluarga di Bogor.

Salah satu wisata Bogor yang dapat Anda kunjungi jika sedang jalan-jalan ke kota Bogor. Selamat liburan!!













Taman Topi ada di sebelah kanan pintu keluar stasiun berjarak 25 meteran. Kelihatan deh topi-topinya. Oh iya, alasan disebut Taman Topi karena toko-toko di sekitar taman beratap beton cor yang dibentuk bermacam-macam topi, mulai topi tentara sampai sombrero. Pas masuk lebih ke dalam lagi, saya baru tahu ternyata di dalamnya ada taman bermain. Tadinya saya pikir taman biasa doang. Namanya Taman Ade Irma Suryani, dikelola oleh pemkot Bogor (baca di tiket).anak di atas 3 tahun harus bayar. Di dalamnya banyak permainan anak-anak, yang untuk menaikinya harus bayar lagi per permainan. Tiket permainannya cukup terjangkau antara 3 ribu sampai 10 ribu. Yang 3 ribu, ada komidi puter, gajah terbang, kincir air,kereta caterpillar. Kereta yang dinaiki Hanif tiketnya 5 ribu. Rupanya Hanif ngga mau naik kereta yang ngga mirip sama kereta alias bentuk hewan. Dia maunya naik yang ada cerobongnya, suaranya mirip kereta dan ada terowongannya. Pinter juga...ngga mau kereta palsu hehe... Tiket monorail harganya 8 ribu, kita bisa mengelilingi taman dan melihat dari atas. Yang paling mahal Bombom Car, 10 ribu. Mungkin karena peminatnya banyak kali. Jika anak masih terlalu kecil, jangan khawatir ada beberapa permainan yang memungkinkan orang tua ikutan, seperti komidi putar, gajah terbang, atau naik monorail. Untuk orang dewasa biar ngga bosen nungguin, ada juga terapi ikan. Itu...yang kakinya direndam trus ditotol-totol ikan kecil-kecil. Lupa harganya berapa. Kita bisa juga memberi makan ikan, ada kolamnya juga di situ. Makanan ikan harganya seribu. Perahu-perahuan juga ada, ngga tahu harganya berapa. Hanif cuma mau naik kereta, kincir air dan monorail.

di sekitaran taman ada banyak tempat makan, fastfood CFC jg ada. Mau yang lebih murah, tinggal nyebrang makan di pasar sebelah stasiun. P





















Share this

Related Posts

Previous
Next Post »