Cara Jitu Melegakan dan Membersihkan RAM di Android

ANDROIDSUITES.COM - Berbicara mengenai masalah RAM di Android, tentu menjadi bahan diskusi hangat yang perlu dipraktekan untuk memaksimalkan performanya. Artikel ini akan membahas Cara Jitu Melegakan dan Membersihkan RAM di ponsel Android anda. Tutorial cara mengosongkan RAM ini tidak perlu membutuhkan akses ROOT, karena seperti yang kita ketahui bahwasanya apabila sebuah hp android atau gadget yang anda gunakan di root maka sistem sudah lagi tidak stabil bahkan rentan terhadap masalah keamanan.

ANDROIDSUITES.COM - Cara Jitu Melegakan dan Membersihkan RAM di HP ANDROID

Problematika Pengguna Android Soal Memori :

Secara umum, para pengguna smartphone, tablet, gadget Android pasti mengeluhkan problem low memory space, artinya terlalu sedikitnya kapasitas memori. Kapasitas memori pada sebuah ponsel itu terbagi menjadi 3 bagian yaitu RAM ( Random Access Memory ) , ROM ( Read Only Memory ) , dan Memori Internal.

Untuk masalah ROM tentu kapasitas penyimpanannya telah ditentukan dan datanya tidak dapat ditambah berdasarkan ketentuan pabrikan pembuatnya sedangkan memori internal biasanya hanya digunakan untuk penyimpanan files atau data yang dapat berisi file system, file primer, dan file sekunder jadi tidak perlu dikhawatirkan dan bisa terbantu dengan adanya memori eksternal.

Untuk sesuatu apa yang disebut dengan RAM, tentu problematikanya adalah urutan pemakaian space memori RAM dengan aplikasi yang berjalan baik di latar belakang atau pada running apps. Kapasitas RAM sendiri setiap tahun mengalami peningkatan dari beberapa handphone terbaru yang keluar pada tahun 2015 ini seperti Samsung Galaxy S6, Asus Zenfone 2, Xiaomi MI 2, Lenovo A6000 dan lain sebagainya yang merupakan HP Android dengan jajaran RAM paling tinggi.

Untuk beberapa handphone kelas flagship premium ke atas memang jumlah kapasitas RAM yang disediakan sudah lebih dari cukup untuk menjalankan berbagai macam aplikasi karena sudah menggunakan RAM berkapasitas 2GB. Lantas bagaimana nasib produk menengah ke bawah yang hanya dibekali RAM 512MB saja?

Jawaban saya mengenai permasalah tersebut yaitu :
"Tidak ada cara untuk menambah RAM dengan suatu trik khusus atau tutorial apapun, melainkan yang ada hanyalah melegakan dan membersihkan RAM di Android agar proses yang tadinya tidak terpakai dan masih berjalan dapat segera terhenti pada latar belakang proses sistem operasi Android anda."

Untuk itu bagi anda yang ingin mengosongkan memori meski tidak sepenuhnya kosong, caranya cukup mudah yaitu dengan bantuan sebuah aplikasi tools yang bernama Smart Booster.

Aplikasi Smart Booster untuk melegakan RAM ANDROID

Smart Booster adalah salah satu dari daftar 5 aplikasi terbaik di android yang dilengkapi dengan penyajian tools dan fitur yang sangat berguna untuk menyegarkan, melegakan, dan membersihkan RAM dengan cara membunuh proses Aplikasi yang sulit dihentikan walau sudah di nonaktifkan, membersihkan cache yang besar karena proses yang menumpuk di sampah file. Dengan Smart Booster kalian juga bisa membersihkan SD Card kalian untuk membuang folder-folder yang tidak terpakai lagi.

Dengan menggunakan aplikasi yang pintar ini kalian tentunya menjadi pengguna yang pintar dalam hal merawat Smartphone dan merawat sistem Smartphone. Pembersihan terhadap data-data yang sudah tidak terpakai akan dianggap sebagai cara jitu melegakan dan membersihkan RAM di Android. Dapati kenikmatan mem-backup data dan file aplikasi (.APK) kalian menggunakan Smart Booster.

Berikut Cara Melegakan Space RAM Android Menggunakan Smart Booster:

  1. Unduh Terlebih dahulu Aplikasi Smart Booster disini.
  2. Lakukan installasi dan setelah ter-install, buka Smart Booster-nya lalu klik "Start Now". Untuk memulai pelepasan RAM, kamu bisa menekan ikon bergambar Roket.

http://www.androidsuites.com

3. Untuk melepaskan lebih banyak beban pada RAM serta membersihkannya, masuk ke Pengaturan lalu pilih menu Ram Boost dan ubah Boost level-nya menjadi Agresif.

cara membersihkan ram di android dengan smart booster

4.  Masih pada bagian menu "Ram Boost", centang "Boost when screen off dan ubah juga Delay to boost when screen off nya menjadi Immediately".

5. Langkah ke 5 merupakan Optional. Jika Android kamu sudah di-root, kamu bisa mencoba cara tambahan ini yaitu dengan masuk ke menu "Experimental" lalu centang "Root RAM Booster". Hal ini akan menambah pelepasan RAM kembali sehingga dapat melegakan space.

6. Selesai. Dan lihat hasilnya dari awal dan sebelum pemakaian aplikasi Smart Booster ini.

hasil dari proses cara melegakan ram android di androidsuites.com

Bagaimana teman-teman pengguna android, sudah bisa mengerti dan paham mengenai kapasitas RAM yang sedikit atau penuh di smartphone anda ?? Kalau sudah silahkan share ke teman-teman dan pengguna lain melalui share media Facebook, twitter, dan google di bawah ini ya. Silahkan komentar juga jika ada yang ditanyakan mengenai :
  • Cara Menambah RAM
  • Cara Melegakan RAM di Android
  • Cara Membersihkan RAM di Android
  • Cara Mengosongkan RAM dan memulihkan kapasitas RAM pada ponsel android
Semoga dapat membantu dan bisa bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »