Cara simple memindahkan data direktori Aplikasi/Game ke SD Card

Bagaimana memindahkan data direktori Aplikasi/Game ke SD Card? pertanyaan ini sering saya dengar dari teman-teman saya, jika kita menginstall data direktori aplikasi tersebut secara default akan disimpan di memori internal.

Mungkin hal ini tidak terlalu bermasalah bagi Anda yang mempunyai space memori internal lumayan besar, namun bagaimana dengan space memori internal yang sangat memprihatinkan?

Sebagai contoh Anda mungkin memiliki ruang internal sebesar 1 GB tapi permainan yang akan Anda install adalah 1.5 GB dan apa yang terjadi? Anda tidak akan bisa menginstall Game tersebut. 

Ponsel Android Anda mungkin sangat menderita dengan masalah penyimpanan internalnya yang rendah. Sehingga Anda tidak dapat menginstal game HD yang ukurannya sampai bergiga-giga, tutorial ini akan membantu Anda dalam mengatasi masalah seperti diatas.

Cara simple memindahkan data direktori Aplikasi/Game ke SD Card

Google telah berubah banyak hal dalam mengizinkan kita untuk memindahkan data permainan ke penyimpanan eksternal, hal ini sangat-sangat bermanfaat untuk menghemat space memori internal Anda. Tutorial ini sudah saya uji sendiri pada Sistem Operasi 4.4.4 (Xiaomi Redmi 2) dan bekerja dengan baik.

Ketentuan 

  • Smartphone Anda harus dalam kondisi ter-Root, jika belum bisa lihat pada postingan sebelumnya sesuaikan brand dari masing-masing Smartphone Anda 
Smartphone Click here
Xiaomi Redmi 2 Root Xiaomi Redmi 2
Andromax C Root Andromax C
Andromax C3 Root Andromax C3
Andromax U2 Root Andromax U2
Andromax U3 Root Andromax U3
Moto G Root Moto G
Zenfone 5 Root Zenfone 5
Sony Exsperia Z Root Sony Exsperia Z
Samsung Galaxy Young Root Samsung Galaxy Young
Semua Via Framaroot Root semua android via Framaroot
  • Download dan install terminal emulatur, Anda dapat mendownload melalui Google PlayStore atau bisa buka link dibawah ini
  • Memori eksternal minimal 4 Gb

Cara memindahkan data direktori ke SD Card

Steep 1 - Buka terminal emulator yang sudah Anda install sebelumny, Pastikan emulator anda sudah mempunyai izin akses untuk mengubah/memodifikasi fungsi-fungsi bawaan dari Smartphone. Sebagai contoh pada Xiaomi Redmi 2 (Security//Permissions//Root Access)  

Cara simple memindahkan data direktori Aplikasi/Game ke SD Card - Steep 1

Steep 2 - Ketikkan perintah "su" pada terminal emulator, perintah ini digunakan untuk mendapatkan izin akses atau unruk mendapatkan hak-hak superuser pada Smartphone kita.

Cara simple memindahkan data direktori Aplikasi/Game ke SD Card - Steep 2

Steep 3 - Kemudian ketikkan lagi perintah "pm set-install-location 2", perintah ini berfungsi untuk memindahkan lokasi penyimpanan dari default ke memori eksternal

z
Steep 4 - Untuk mengetahui lokasi data direktori aplikasi ketikkan perintah "pm get-install-location". 

Cara simple memindahkan data direktori Aplikasi/Game ke SD Card - Steep 3

Keterangan : 

0 menyimpan data secara otomatis
1 menyimpan data di memori internal
2 menyimpan data di memori external

Cara simple memindahkan data direktori Aplikasi/Game ke SD Card - Hasil

Note : Untuk mengembalikan ke pengaturan sebelumnya ketikkan perintah berikut ini "pm set-install-Location 1"


Terminator Emulator adalah salah satu aplikasi favorit yang memungkinkan kita untuk membuka fitur  tersembunyi pada Smartphone. Demikian tutorial singkat mengenai "Cara simple memindahkan data direktori Aplikasi/Game ke SD Card". 

Mungkin kedepannya saya juga akan posting tentang aplikasi ini dilain waktu, apa yang dapat dilakukan dan bagaimana cara menggunakannya. Sampai jumpa di kemudian hari untuk update postingan terbaru di www.spesial-droid.com. Jika masih mengalami kesulitan silahkan isikan komentar melalui form yang sudah disediakan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »