Cara instan install aplikasi Android manual non PlayStore

Install aplikasi Android manual non PlayStore - Menginstal aplikasi pada Android relatif mudah dengan menggunakan Android Market (Google PlayStore) yang sudah disediakan oleh perusahaan raksasa dunia Google, Anda tinggal mencari aplikasi pada kolom pencarian kemudian pilih dan klik install. Namun bagaimana ketika Anda ingin menginstal aplikasi yang baru dirilis atau aplikasi yang tidak tersedia di Android Market (Google PlayStore)?

Dalam kasus ini mengharuskan Anda meng-install aplikasi secara manual, dengan cara men-download aplikasi atau game (file mentah .apk) terlebih dahulu kemudian baru proses penginstalan aplikasi. File .apk sama halnya dengan file ".exe" yang ada pada Windows, Anda perlu menyalinnya ke memori eksternal dan menjalankannya.


Berikut adalah beberapa cara Anda dapat secara manual menginstal aplikasi tanpa melalui PlayStore.

Steep 1 – Siapkan terlebih dahulu file .apk yang ingin anda Install, Anda bisa mendapatkan dengan cara mendownload di situs penyedia file .apk atau mungkin dengan cara mengirim file .apk dari teman dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Berikut ini recommended dari kami daftar aplikasi Android terbaik transfer file dengan sekejap yang dapat mengirim file ber-ekstensi .apk
Steep 2 – Setelah Anda menyiapkan file .apk yang akan di install, letakkan di dalam memori exsternal/internal

Steep 3 – Kemudian masuk ke menu Settings/Pengaturan -> Applications/Aplikasi -> ceklis pada list “Unknown sources”.

Untuk operation system JellyBean (4.0) keatas silakan Anda masuk ke menu Settings/Pengaturan -> Security/Keamanan -> geser kebawah dan ceklis pada list “Unknown sources”. Ketuk OK ketika ada peringatan keluar dari halaman tersebut.

Pada Xiaomi Redmi 2 Settings/Pengaturan -> Additional settings/Pengaturan lainnya -> Privacy/Privasi  -> geser kebawah dan ceklis pada list “Unknown sources”. Ketuk OK ketika ada peringatan keluar dari halaman tersebut.

Steep 4 – Cari dan pilih file yang ber-ekstensi .apk yang sudah Anda backupsebelumnya  ke dalam Smartphone. Lakukan installasi seperti biasanya



Sebagian besar pengguna Smartphone mungkin lebih nyaman menggunakan metode konvensional untuk menginstal aplikasi Android. Namun, jika Anda ingin mengirim dan menginstall aplikasi kepada teman dengan keterbatasan quota seperti saya ini, mungkin cara ini dapat membantu proses penginstallan aplikasi. Mungki hanya itu saja tutorial mengenai cara instan install aplikasi Android manual non PlayStore, semoga dapat bermanfaat bagi Anda, terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »