Cara Memainkan Game PSP di Android dengan Mudah



Setelah sebelumnya memublikasikan Cara Memainkan Game PSP di Komputer, pada postingan kali ini penulis akan soroti bagaimana cara menjalankan game PSP untuk Smartphone Android. Tentunya, panduan ini berguna bagi kamu yang belum memiliki PSP dan ingin mencicipi game-game-nya lewat Android.

Sama halnya dengan postingan sebelumnya, untuk memainkan game-game PSP di Android, kamu memerlukan PPSSPP (PlayStation Portable Simulator Suitable for Playing Portably), sebuah emulator PSP. Perangkat lunak yang dirilis pada 1 November 2012 ini dapat kamu jalankan pada sistem operasi Android dengan gratis.

Untuk dapat menggunakan PPSSPP di Android, perhatikan langkah-langkah di bawah ini.

Cara menjalankan game PSP di Android dengan PPSSPP

  • Silakan unduh terlebih dahulu PPSSPP terbarunya lewat tautan berikut; www.ppsspp.org/downloads.html dan pilih tombol PPSSPP for Android.
  • Setelah selesai, instal perangkat lunak tersebut seperti sediakala.
  • Bila kamu belum memiliki game PSP untuk dijalankan lewat emulator tersebut, kamu dapat mengunduhnya pada Emuparadise.me secara gratis dan legal (baca pengakuannya di sini).
  • Setelah itu, kamu perlu mengubah format game tersebut yang masih berupa ZIP menjadi ISO. Baca postingan Cara mengekstrak file ZIP menjadi ISO bila belum mengetahui caranya.
  • Sekarang, jalankan PPSSPP pada Android-mu. Pada bagian menu, pilih Games (lihat panah merah) lalu ambil game mana yang ingin kamu jalankan sebagaimana yang tadi sudah kamu unduh dan ekstrak. 

  • Selamat! Kamu berhasil menjalankan game PSP tersebut di Android. Mainkan game tersebut dengan menyentuh tombol-tombol yang disajikan. 

  • Beberapa kasus menemukan, PPSSPP lambat dan sering hang saat dijalankan. Untuk menanggulanginya, baca postingan Cara Mengatur PPSSPP di Android.

    Share this

    Related Posts

    Previous
    Next Post »