Cara Menemukan Judul Lagu dari Penggalan Musik

Cara mencari judul lagu dan penyanyi dengan suara
Sumber: Cronosal.blogspot.com

Pernahkah ketika kamu mampir-mampir ke sebuah tempat perbelanjaan, kafe, restoran, atau karaoke, kamu mendengar lantunan lagu indah yang membuatmu asyik mendengarkannya? Namun sayang, sampai nyanyian tersebut berakhir kamu enggak dapat menelusuri dan menyimpannya pada Smartphone-mu sebab kamu enggak mengetahui judul dan penyanyi lagu tersebut.

Permasalahan ini kerap dialami oleh jutaan umat pemburu musik yang bahkan mengharuskan kita untuk menanyakannya pada orang sekitar hanya demi mengetahui judul beserta penyanyi lagu tersebut. "Mbak, mas, ada yang tahu judul lagu ini?" Mungkin kamu pernah melakukan hal seperti ini.

Atau, kamu menghafalkan dahulu beberapa kata yang keluar dari lagunya, lalu kamu googling. Memang, dari beberapa kejadian metode ini terkadang berhasil, namun negatifnya metode ini kurang praktis dan berpotensi gagal.

Nah, bagi kamu yang enggak ingin repot-repot menanyakan pada orang sekitar atau dengan metode kedua, kamu dapat terapkan cara mengetahui judul lagu dan penyanyinya dari suara ini.

Cara ketahui judul dan penyanyi lagu dari suaranya


1. Dengan menggunakan aplikasi SoundHound buat Smartphone

Cara ini sangatlah efektif sekaligus praktis yang membuat kamu enggak perlu lagi harus menghafal segala. Perangkat lunak yang akan kita pakai di sini bernama SoundHound atau yang akrab disebut juga sebagai 'Midomi'.

Mungkin kamu sudah pernah dengar? Ya, SoundHound adalah sebuah aplikasi buat Android, iPhone, Windows Phone, dan BlackBerry yang cukup tenar. Fungsinya yaitu menelusuri dan menunjukkan kepadamu keterangan dari lagu yang direkam.

Berikut cara pakainya:

  • Pertama-tama, silakan unduh SoundHound terlebih dahulu. Jangan lupa untuk sesuaikan sistem operasi yang kamu gunakan.
  • Sesaat setelah proses pengunduhan selesai, instal SoundHound pada Smartphone-mu layaknya menginstal aplikasi biasa.
  • Sehabis itu, jalankan SoundHound.
  • Pastikan lagu yang ingin dicari sedang dilantunkan. Klik tombol berwarna jingga yang ada di tengah untuk mulai menelusuri. 
    Cara mencari judul lagu dengan suara
  • Tunggu beberapa saat dan, voila! Keterangan lagu tersebut berhasil muncul. 
    Cara mencari judul lagu dengan suara
Satu lagi, SoundHound juga support besar sebagian lagu lokal.

Tidak hanya SoundHound, aplikasi serupa seperti Sazham, AudioTag, dan NameMyTune juga mempunyai kegunaan yang sama namun dengan fitur pencarian yang berbeda.

2. Mengaplikasikan teknik brainstorming

Bila disaat lagu tersebut muncul dan kamu enggak membawa Smartphone, kamu dapat menerapkan trik alternatif yang satu ini. Teknik ini memanfaatkan pemikiran kita. Ya, sesuai namanya, brainstorming yang artinya 'serbuan otak'.

Senjata yang perlu disiapkan:

  • Media untuk menulis, bisa secarik kertas dengan pulpen atau pensil, laptop, Smartphone hasil pinjam dari teman, dan lain-lain. Pokoknya apa saja yang dapat menuangkan isi pikiran kita.
  • Pikiran yang tenang.

Cara menerapkan teknik brainstorming:

  • Siapkan segala kebutuhan yang tadi telah disebutkan, lalu dengarkan lantunan lagu tersebut baik-baik.
  • Pikirkan, kira-kira apa tema dari lagu tersebut, apakah tentang cinta, religi, metal, pop, dan lain sebagainya.
  • Setelah ketemu, tuangkan kata demi kata yang terlintas dari kepalamu terhadap lagu tersebut. Jangan diambil pusing apabila kamu ragu akan kebenarannya, pokoknya tulis saja apa yang kamu dengar.
  • Susunlah jadi kalimat yang kira-kira sesuai dengan kata-katanya. Misalnya, love to do now I like you. Nah, setelah dirapikan contohnya akan jadi seperti ini: like you love me. Enggak masalah, meski enggak sama persis dengan judul aslinya karena Google dapat dengan mudah mendeteksi kesalahan ejaan menjadi ejaan yang tepat.
  • Telusuri kalimat tersebut di Google dengan menggunakan tanda kutip. Misalnya, "like you love". Kalau masih tidak menemukan, silakan kamu acak lagi kata-kata tersebut. Misalnya jadi seperti ini, "love me like" (cek hasil pencarian).
  • Selesai.

Cara ini mungkin terdengar mirip dengan metode menghafal, tapi sebetulnya berbeda. Dengan menggunakan cara ini akan jauh lebih efektif, mengasyikkan, dan dapat mempertajam pemikiran kita.

Oke, selamat mencoba!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »