Cara Praktis Memainkan Game PSP di Komputer



PlayStation Portable (PSP) merupakan sebuah konsol permainan genggam yang diluncurkan oleh Sony pada 11 Maret 2004. Dengan adanya konsol ini, kita dapat memainkan berbagai macam game menarik mulai dari RPG seperti Final Fantasy VII, FPS seperti Grand Theft Auto: Chinatown Wars, RTS seperti The Lord of the Rings: Tactics, dan banyak lagi. Berbeda dengan jenis PlayStation lainnya, konsol ini memiliki keunikan dengan tubuhnya yang portabel alias ringan untuk dibawa ke mana-mana.

Seiring perkembangan zaman, hadirlah PPSSPP (PlayStation Portable Simulator Suitable for Playing Portably), sebuah emulator PSP untuk PC. Sejak kedatangannya, kini memainkan game PSP di komputer tidaklah asing lagi. Perangkat lunak portabel ini dapat kamu jalankan pada sistem operasi Windows secara gratis.

Simak juga: Cara Menjalankan Aplikasi Android di Komputer

Tertarik mencobanya? Pastikan komputermu memenuhi spesifikasi minimum seperti yang ditunjukkan tabel di bawah ini:
Indikator Spesifikasi minimum
CPU Dual core
Kecepatan CPU 2.0 Ghz
Kartu grafik (GPU) Mendukung setidaknya OpenGL 2.0
RAM 1 GB
Perangkat lunak ini membutuhkan Microsoft visual C++ 2010 dan DirectX End-User Runtime Web Installer.
Berikut langkah-langkah memasang dan menjalankan PPSSPP di komputer:

Cara menjalankan game PSP di komputer dengan PPSSPP

  • Langkah awal, silakan unduh terlebih dahulu PPSSP-nya. Untuk mengunduhnya, silakan akses tautan berikut: www.ppsspp.org/downloads.html lalu pilih PPSSPP for Windows.
  • Sebelum menjalankannya, kamu perlu mengekstrak berkas tersebut terlebih dahulu karena masih berformat ZIP. Baca postingan Cara Extract File ZIP jika belum mengetahuinya.
  • Sampai di sini sudah selesai untuk tahap memasang PPSSPP di komputer. Namun, bila kamu belum punya game PSP untuk dijalankan pada emulator tersebut, silakan kunjungi Emuparadise.me untuk memilih dan mengunduh game PSP secara gratis dan legal (baca pengakuannya di sini). Tidak beranjak sampai di situ. Setelah mengunduh game, kamu perlu mengekstraknya sehingga akan muncul berkas berformat ISO yang merupakan aplikasi untuk menjalankan game yang kamu pilih.
  • Setelah seluruh persiapan selesai, kini saatnya memainkan game tersebut. Jalankan PPSSPP sesuai sistem komputermu, alihkan perhatianmu pada bagian Menu. Di sana terdapat tulisan File (lihat panah merah), klik tulisan tersebut lalu pilih Load.
    Langkah-langkah menjalankan game PSP di komputer 1
  • Ambil berkas game yang telah kamu miliki. Format yang didukung adalah PBP, ISO, CSO, ZIP, PRX, dan ELF. Setelah itu, klik tombol Open.
    Langkah-langkah menjalankan game PSP di komputer 2
  • Voila! Kamu berhasil menjalankan game PSP di komputer.
Game hasil PPSSPP 1

Game hasil PPSSPP 2

  • Kamu juga dapat menggunakan konsol stik saat bermain.

    Selamat bermain!

    Share this

    Related Posts

    Previous
    Next Post »