Pengertian Android, Lengkap dengan Time Linenya

Apa itu Android? Pengertian Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Saat mendengar Android pemikiran kita pasti tertuju pada smartphone pintar. Android saat ini memang sudah mendunia. Bahkan android adalah sistem operasi ponsel paling banyak dipakai di seluruh dunia. Tapi apakah pengertian android sebenarnya? Bagaimana kisah perjalanan OS robot hijau ini? Ini lah penjelasan dan sejarah adanya android. Sebelumnya lihat video ini sebentar ya biar kita makin mengerti


Pengertian Menurut Para Ahli

Android menurut J.F. DiMario, sebagai sebuah sistem, adalah suatu sistem operasi yang menggunakan basis java  dan beroperasi pada kernel linux 2.6. 


Pengertian Menurut Wikipedia

Android didirikan oleh Andy Rubin (pendiri Danger), Rich Miner (pendiri Wildfire Communications, Inc.) Nick Sears (mantan VP T-Mobile), dan Chris White (kepala desain dan pengembangan antarmuka WebTV) untuk mengembangkan "perangkat seluler pintar yang lebih sadar akan lokasi dan preferensi penggunanya"  (sumber : wikipedia)

Pengertian Android adalah Robot yang dibuat menyerupai manusia, baik tampilan maupun tingkah laku. Kita sering melihat di serial TV berbagai macam robot android yang hidup berdampingan dengan manusia. Dari pengertian itu lahir lah Android inc. Android Inc. adalah perusahaan pembuat sistem operasi ponsel yang berbasis di Palo Alto, California Amerika Serikat. Karena kekurangan pendanaan, pada tahun 2005 Google bekerja sama dan akhirnya membeli perusahaan Android inc.

Setelah membeli Android inc, google mengajukan hak paten untuk telpon seluler pada bulan September 2007. Dan saat itu memang terdengar desas - desus kalau google ingin terjun ke dalam bisnis seluler dengan Sistem operasi Android. Lalu pada tanggal 9 Desember 2008 anggota baru yang bergabung telah diumumkan dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, yang diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc.

Android sebenarnya adalah modifikasi sistem operasi linux agar bisa di gunakan untuk ponsel. Setelah melalui beberapa kerja keras, penelitian, perbaikan bug, penambahan fitur baru, Pada tanggal 22 Oktober 2008, dirilislah ponsel Android pertama di dunia yaitu HTC dream. Ponsel dengan layar sentuh lebar dan qwerty keyboard ini baru terjun ke pasaran mulai 5 Januari 2010. Sejak saat itulah pengertian android sudah berubah bukan robot lagi, tapi sistem operasi. Mungkin Google berharap Android ini menjadi mesin robot yang dapat membantu kehidupan Manusia di masa depan. Mungkin.

Bicara tentang pengertian android tentu kurang lengkap rasanya kalau tidak menjelaskan perkembangan tentang android. Berikut ini perkembangan OS Android dari masa ke masa.

pengertian Android

Android 1.1

Meskipun awal kemunculannya pada tahun 2008 , Android mulai di terapkan pada ponsel pada bulan maret 2009. Android 1.1 adalah versi awal dari android yang merupakan cikal bakal dari smartphone tercanggih di masa depan.

Android 1.5 (Cupcake)

Android 1.5 adalah penyempurnaan dari android sebelumnya. Android ini dirilis pada bulan maret 2009. Beberapa keunggulan OS ini adalah bisa mengupload video ke Youtube, Tampilan animasi yang lebih menarik, dukungan Headset Bluetooth, dan tampilan keyboard di layar.

Android 1.6 (Donut)

Kurang dari 4 bulan, android sudah merilis OS terbarunya yaitu Android 1.6 Donut. Ada banyak penambahan fitur baru dalam android ini. Misalnya fasilitas zoom pada photo, indikator baterai, pembacaan sentuhan tangan, dukungan koneksi CDMA / EVDO dan masih banyak lagi. Beberapa ponsel yang menggunakan ini adalah HTC desire, Archos 5, dan lainnya.

Android 2.0/2.1 (Eclair)
Pada versi ini penyempurnaan fitur masih gencar dilakukan oleh google. Salah satunya penggunaan layar yang user friendly. Akhirnya banyak perusahaan yang tertarik dengan proyek Android ini. Akhirrnya awal kesuksean android dimulai. Ponsel yang mengg unakan OS ini adalah Sony ericsson Xperia mini X8,Motorola Droid, dan masih banyak lagi. Masa eclair inilah pertama kali nexus one di perkenalkan.
Android 2.2 (Froyo / Frozen Yoghurt)
Pada tanggal 29 Mei Android merilis lagi OS nya yaitu Android Froyo. Dalam OS ini sistem operasi dibenahi secara total. Selain itu pengguna juga dapat menambah kartu memory external seperti micro SD. Karena itulah banyak game dan aplikasi mencantumkan minimum system requirement pada Android Froyo. Ponsel yang menggunakannnya HTC Droid, Samsung Galaxy S, Sony ericsson X10, dan sebagainya.

Android 2.3 (gingerbread)
Setelah sukses denganFroyo, 7 bulan kemudian lahirlah update OS android 2.3 Gingerbread. Di dalam gingerbread ini banyak fitur canggih yang ditanamkan. Misalnya peningkatan kemampuan gaming, peningkatan fitur copas, user interface, efek audio yang baru, serta dual camera untuk videocall. Pada masa gingerbread ini lah Android mulai populer mengalahkan blackberry, iOS, atau windows phone. Ponsel yang menggunakan gingerbread yaitu Samsung Galaxy Y, Galaxy W, Sony Xperia U, ray, arc, Motorola Droid 2, dan masih banyak lagi.

Android 3.0 (honey comb)
Pada versi ini, Android memasuki pasar PC tablet. Dengan interface yang lebih mudah di banding PC desktop, Android Honeycomb mampu menarik minat masyarakat untuk berpindah dari PC ke Tablet. Beberapa tablet yang memakai OS ini adalah Samsung Galaxy Tab, Acer Iconia, dan yang lain.
Android 4.0 ( Ice Cream Sandwich)
Dukungan Aplikasi ke Android ICS ini memang lebih banyak dari sebelumnya. Penyempurnaan Grafis, interface, player, gaming, dan yang lain mampu membuat Android menjadi OS paling populer di dunia. Pada masa ICS, Penjualan Ponsel Android sangat tinggi. Hingga Sekarang pun masih ada yang memakai OS ICS. Dan ponsel yang beroperasi ICS adalah Samsung Galaxy Chat, Galaxy Ace, Sony Xperia Tipo, Miro, Lenovo A390, serta masih banyak lagi.

Android 4.1 - 4.3 (Jelly bean)
Bisa jadi ini adalah puncak popularitas dari android. Dengan berbagai Fitur canggih, Jellybean mampu memainkan game - game HD. Fiturnya pun sudah semakin kaya. Banyak yang menyukai tampilan dari Jelly bean ini. Tak perlu di sebutkan ponsel apa yang memakai OS ini, karena sekarang hamipir semua Smartphone Android memakai OS ini.

Pengertian Android Kitkat

Android 4.4 Kitkat Dirilis pada september 2013 , Android kitkat adalah OS paling baru saat ini. Beragam fitur pun telah dipersiapkan untuk memajakan pengguna. Tapi sayang hanya beberapa Samrtphone android yang support OS ini. Diantaranya banyak yang dari ponsel kalangan atas. Tapi tenang, kamu tetep bisa menikmati OS Android kitkat. Untuk lebih jelasnya bisa nyimak post kita sebelumnya di

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »