Karya Ilmiah: Peluang Bisnis "E-Commerce"



ABSTRAK

Mengapa mengambil Tema tentan Bisnis E-Commerce ?

Karena, diabad ke-21 ini, Perkembangan piranti Digital sangatlah pesat. Dunia Digital khususnya Internet sudah seperti menjadi kebutuhan pokok bagi manusia karena akan kebutuhan akses informasi yang cepat dan akurat. Tak hanya itu, Internet juga banyak digunakan untuk kegiatan Bisnis, salah satunya E-Commerce. Yaitu proses pembelian Barang dan produk, jasa atau informasi melalui jaringan internet. Bisnis ini terus merambah ke berbagai sektor, mulai dari Pakaian,Jasa hingga makanan.

Mengapa Banyak orang yang memilih Bisnis E-Commerce ini ? salah satunya dengan membuka Toko Online. Karena melalui cara ini Semua Orang dapat melihat dan membeli produk kita tanpa harus membuka cabang kantor penjualan di luar kota. Hal seperti ini dapat menguntungkan 2 belah pihak, karena pembeli tidak perlu repot-repot datang ketoko untuk melihat dan membeli apa yang mereka cari. Karena dengan adanya Toko Online ini, mereka hanya tinggal melihat barang yang diinginkan di internet kemudian memesan barang pilihan dan mentransfer uangnya. Dalam hitungan hari, barang yang dipesan telah sampai dirumah.


ISI
Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Dengan menghubungkan jaringan komputer perusahaan dengan internet, perusahaan dapat menjalin hubungan bisnis dengan rekan bisnis atau konsumen secara lebih efisien. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce, sehingga istilah E-Commerce pun menjadi identik dengan menjalankan bisnis di internet.

Sementara itu Kalakota dan Whinston mendefinisikan E-Commerce dari beberapa perspektif, yaitu:
1. Perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman informasi, produk/jasa, atau pembayaran melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya;
2. Perspektif Proses Bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis dan work flow;
3.Perspektif Pelayanan, E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang; dan
4. Perspektif Online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli produk serta informasi melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.

Seluruh definisi yang dijelaskan di atas pada dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup komponen transaksi (pembeli, penjual, barang, jasa dan informasi), subyek dan obyek yang terlibat, serta media yang digunakan (dalam hal ini adalah internet) dan Semua orang tahu bahwa semua hal ada Kekurangan dan Kelebihannya, Keuntungan dan Kerugiannya. Begitu juga dengan bisnis Toko Online/E-Commerce ini. Sebelum menerapkan bisnis online alangkah baiknya kita mempertimbangkan berbagai unsur, membuat strategi, dan melakukan pemasaran.

Berikut Kekurangan dan Kelebihan E-Commerce:
Kelebihan
  1. Transaksi Mudah dilakukan
  2. Tidak Perlu Membuka Cabang diluar kota
  3. Di beberapa model bisnis Online, Tidak memerlukan Gudang untuk menyimpan barang. Contohnya model Dropship
  4. Banyak peminat dan bisa menembak ke berbagai kalangan
  5. Waktu Operasional Toko Online tidak terbatas (24 Jam)
Kekurangan
  1. Banyaknya Penipuan di dalam bisnis ini
  2. Terkadang barang tidak sesuai dengan yang ada di foto
  3. Mudah tertipu Harga
  4. Proses Refund/Ganti rugi yang rumit
  5. Terkadang Proses pengiriman Lama
  6. Tidak cocok bagi yang benar-benar sedang Urgent terhadap barang yang dibeli
  7. Seringnya pembatalan transaksi
  8. Sulit mendapatkan Calon Customer
Untuk melakukan bisnis E-Commerce, ada beberapa cara dan Aplikasi yang bisa digunakan, Berikut Aplikasi yang bisa digunakan.
  1. Toko Online
  2. Email
  3. Bulletin Board / Forum 
  4. Radio Streaming
  5. Video Streaming 
  6. Chatting
  7. Market Place
Namun dalam Tulisan ini, saya hanya akan membahas Bisnis E-Commerce menggunakan Web Toko Online. Pengertian Toko Online sendiri adalah sarana atau toko untuk menawarkan barang dan jasa lewat internet, dimana pengunjung dapat melihat barang-barang anda di toko online anda berupa foto disertai dengan detail deskripsi dan Harga. Yang Kemudian Customer dapat melakukan pemesanan baik itu via online maupun menelpon nomor telepon yang tercantum di toko Online tersebut.

Untuk memulai bisnis online melalui Toko Online, kita harus mencermati hal-hal berikut : 
  1. Produk atau jasa yang akan dijual 
  2. Sumber produk atau jasa tersebut
  3. Metode pemasaran
  4. Metode transaksi 
  5. Metode pembayaran 
  6. Metode pengiriman 
  7. Metode pelayanan penjual
  8. Kualitas Server dari Web Toko Online yang digunakan
  9. Frekuensi Maintenance dan Update Harga barang

Pada Point ke 2 sangat penting karena itu merupakan inti dari bisnis kita. Bagaimana kita Mendapatkan Sumber Barang untuk Toko Online kita agar stock di toko online anda tetap terjaga. Tentunya masing-masing cara tersebut memiliki Kekurangan dan Kelebihannya. Berikut  3 Cara Mendapatkan Sumber Barang untuk Toko Online:
  1. Whosale (Borongan/Bayar Penuh)
    Kelamahan   : Butuh Modal, Memerlukan strategy yang baik
    Kelebihan      : Stok Barang sepenuhnya menjadi milik kita, Mudah mengetahui status stok,Margin tinggi
    Sistem Kerjanya, anda melakukan pesanan pembelian dengan supplier anda. Anda membayar penuh di awal dan persediaan produk yang anda pesan akan berada di gudang anda sendiri. Dalam hal ini, anda harus memiliki space gudang yang memadai. Dalam Sportdeca, beberapa brands perlu memesan pembelian di 6 bulan sebelumnya. Sehingga anda memerlukan analisis yang baik dan bagaimana suatu proyeksi penjualan akan terlihat dalam waktu 6 bulan ke depan.
  2. Konsinyasi
    Kelemahan   : Margin sedikit, Pengelolaan stok rumit
    Kelebihan      : Hemat  Biaya Inventory
    Konsinyasi berarti suppliers anda menempatkan produk-produk mereka di dalam gudang anda, tetapi masih memiliki kepemilikan barang-barang tersebut hingga terjual. Jika bisnis retail anda memiliki gudang tetapi anda tidak ingin mengeluarkan banyak uang atau biaya untuk pemesanan secara wholesale, maka opsi consignment sangat ideal untuk anda. Ini opsi terbaik yang bisa anda pilih.
  3. DropshipKelemahan     : Kesulitan mengetahui stok barang, Pengiriman rumit, Kesalahan informasi stok
    Kelebihan        : Modal kecil, Mudah bekerjasama dengan berbagai supplier
    Dropshipping adalah sebuah retail fulfillment method yang dimana store tidak menyimpan produk yang dijualnya dalam persediaan. Lebih jelasnya, ketika store menjual produk, produk tersebut dibeli dari pihak ketiga dan dikirimkan secara langsung kepada pelanggan. Maka dari itu, penjual tidak pernah melihat atau menangani produk secara langsung.
    Perbedaan terbesar antara dropshipping dengan model retail standart lainnya adalah penjualan yang dilakukan oleh penjual tanpa melakukan persediaan atau inventory sendiri. Sebagai gantinya, penjual membeli inventory yang dibutuhkan pihak ketiga (biasanya adalah wholesaler atau manufacturer, untuk memenuhi pesanan).
Tak Perlu memiliki Gelar atau Pendidikan khusus untuk dapat membangun bisnis online ini. Hanya dibutuhkan sedikit skill Manajemen dan Pengetahuan tentang Operasional Web. Alangkah baiknya kita menguasai Bahasa Pemrograman agar kita dapat mengurus dan melakukan Pengembangan terhadap web toko online kita sendiri.

Kesimpulannya bahwasannya berbisnis online saat ini sudah menjadi kewajiban bagi para pebisnis konvensional (offline) demi mendapatkan customer dari berbagai kota bahkan negara. Sehingga trackrecord dan penghasilan kita menambah dari hasil penjualan Online. dan bisnis Online ini sangat mudah dan murah dan juga sangat menguntungkan.

DAFTAR PUSTAKA:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »