Baterai Android Tak Bisa Di Charge? Coba Tips Memperbaiki Baterai Ini

Baterai Android Tak Bisa Di Charge? Coba Tips Memperbaiki Baterai Ini - Mengisi daya baterai alangkah baiknya jika menggunakan charger original bawaan dari produsen, bukan dari charger merk lain atau malah car charger. Karena jika terlalu sering menggunakan power bank dapat merusak baterai ponsel Anda karena powerbank kebanyakan diproduksioleh pihak ketiga. Tentunya kualitas dari powerbank sendiri tidak melalui proses control sesuai standard pabrik produksi dari smartphone tersebut yang mana akan menghasilkan tegangan yang tidak sesuai dengan ketentuan dari smartphone itu sendiri. 

Jika terus dibiarkan maka dapat mengakibatkan kerusakan elemen baterai yang permanen.
Baterai memang sumber daya utama pada kebanyakan perangkat elektronik mobile seperti smartphone. Sayangnya, kebanyakan pengguna kurang paham bagaimana cara merawatnya agar tahan lama, apalagi para maniak game di android. Sering kali kita mengalami darurat listrik saat berpergian keluar rumah.Dan yang paling sering menjadi korban adalah smartphone karena kapasitas baterainya yang kecil hanya berkisar antara 2000-3000 mAh saja, saat tidak menemukan sumber listrik untuk charge mau tak mau ponsel harus dimatikan. Beruntung jika saat itu kita membawa powerbank, jika tidak??

Sebaiknya Anda jangan terlalu sering menggunakan baterai ponsel hingga habis dan kosong, karena saat baterai kosong ada sel-sel baterai yang terganggu. Gangguan ini bisa berakibat pada masalah seperti baterai tidak dapat di charge, padahal baterai tersebut tidak sepenuhnya rusak. Jika saat ini  Anda sudah mengalami baterai handphone Anda tidak dapat di charge akibat kehabisan baterai, ikuti langkah-langkah berikut untuk memperbaiki kemampuan baterai yang rusak.

Tips Memperbaiki Baterai

1.      Pada umumnya saat hal seperti di atas terjadi, smartphone Anda seolah-olah seperti mati suri. Tidak ada penambahan daya, baterai juga tidak terisi sedikit pun meski telah di-charge selama berjam-jam
2.      Untuk menyelesaikan masalah ini, Anda bisa menggunakan charger desktop.
3.    Berbeda dengan charger original yang memiliki tegangan rendah, charger ini langsung menghantarkan listrik bertegangan tinggi ke baterai ponsel Anda.
4.      Fungsi menggunakan tegangan tinggi ini adalah sebagai pancing, untuk meningkatkan respon sel-sel dari baterai yang terganggu tadi agar bisa menangkap daya yang dihantarkan ke baterai.
5.      Charge baterai Anda yang habis  dan kosong selama beberapa menit menggunakan charger desktop, kemudian pasang kembali baterainyake smartphone Anda lalu lanjutkan proses charge dengan menggunakan charger original.


Setelah menerapkan tips memperbaiki baterai Android yang tak bisa di charge diatas biasanya smartphone Anda akan bisa melakukan proses charging normal seperti biasanya. Namun jika masih belum perubahan, sebaiknya anda mengunjungi service center terdekat. Karena bisa jadi ada masalah serius terjadi pada komponen-komponen dari baterai smartphone Anda, yang mana jika dibiarkan bukan hanya bisa merusak baterai itu sendiri, tapi juga merambat ke komponen dalam dari perangkat Android Anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »