Pemanfaatan Situs Freelancer sebagai Peluang Bisnis Tambahan



ABSTRAK

Menjadi Pengangguran atau Mahasiswa pasti memiliki banyak Waktu Luang. Hal ini harus dimanfaatkan dengan baik. Terkadang waktu luang dihabiskan untuk kegiatan yang tak bermanfaat, tak jarang pula malah menghabiskan banyak uang untuk berfoya-foya. Menjadi karyawan di sebuah perusahaan pun sangatlah menyita waktu. Dengan keterikatan jam kerja dan peraturan yang ribet. Banyak orang kini memilih bekerja freelance (lepas) karena alasan ingin menyeimbangkan antara waktu kerja dan keluarga.

ISI

Berdasarkan tren di Amerika yang dicatat oleh FlexJob, Sutton Fell merilis daftar 10 Pekerjaan Freelance Terbaik yang penilaiannya berdasarkan fleksibilitas kerjanya, besar upahnya dan prospek pertumbuhan peluangnya hingga dekade berikutnya di seluruh Amerika.

1. Account Manager
Perkiraan Pendapatan: US$ 98.500 per tahun dan US$ 47 per jam
Jobdesk: mengontrol arus keuangan klien, termasuk memperbaiki keuangannya, dan merekomendasikan alternatif keuangan lain.
Kelebihan: Pekerjaan ini sering kali bisa dikerjakan dari rumah.


Perkiraan Pendapatan: US$ 90.500/tahun dan US$ 44/jam
Jobdesk: Mendesain dan menguji sistem perangkat lunak.
Kelebihan: Koordinasi pekerjaannya bisa dengan cara remote atau cyber, bisa dikerjakan di mana pun dan kapan pun.



3. Eksekutif Paruh Waktu
Perkiraan Pendapatan: US$ 40-42/jam
Jobdesk: Merancang strategi manajemen, panduan implementasi, merancang dan mengontrol kebijakan, dan mengembangkan kemitraan.
Kelebihan: Pilihan untuk bekerja paruh waktu.



4. Project Manager
Perkiraan Pendapatan: US$ 85.000/tahun
Jobdesk: Merancang, mengorganisir, mengawasi, dan mengevaluasi aktivitas proyek.
Kelebihan: Banyak perusahaan mulai mengalihkan manajemen proyek mereka kepada pelaku manajemen di luar perusahaan mereka.



5. Analis Bisnis
Perkiraan Pendapatan: US$ 74.500/tahun dan US$36/jam.
Jobdesk: Mengumpulkan dan menganalisis data dan informasi dari suatu permasalahan bisnis.
Kelebihan: Pekerjaan ini adalah jenis pekerjaan dengan tingkat stres yang cukup rendah dan menawarkan jadwal kerja yang fleksibel. 



6. Terapis Hambatan Bicara
Perkiraan pendapatan: US$ 67.000/tahun dan US$ 32 jam.
Jobdesk: Menyediakan perawatan, terapi, dan penyembuhan dalam gangguan bicara dan menelan.
Kelebihan: Bisa dikerjakan secara paruh waktu atau fulltime, dengan jadwal fleksibel.



7. Perawat atau Pelatih Kebugaran.
Perkiraan pendapatan: US$ 64.500/tahun dan US$3 1/jam.
Jobdesk: Menyediakan konsultasi kepada pelanggan asuransi lewat telepon, bantuan dalam mengelola dan meningkatkan perawatan kesehatan dan gaya hidup.
Kelebihan: Tersedia dalam pilihan part-time atau full-time, dengan jadwal fleksibel dan kelapangan dalam cara komunikasinya.
Namun profesi ini membutuhkan lisensi yang tidak mudah untuk mendapatkannya.



8. Penasihat Pajak Online
Perkiraan pendapatan: US$ 61.500/tahun dan US$ 30/jam
Jobdesk: Memberikan saran dan solusi perpajakan via telepon, email, atau chat.
Kelebihan: bisa dikerjakan di rumah.



9. Pengembang Kurikulum
Perkiraan pendapatan: US$ 59.000/tahun dan US$ 28/jam
Jobdesk: Membuat kurikulum pendidikan dan evaluasinya.
Kelebihan: Pola komunikasi dalam pekerjaan ini seringkali dilakukan dengan cara remote atau cyber.



10. Pengajar/Kursus/Pendidikan Online
Perkiraan pendapatan: US$ 54.000/tahun.
Jobedesk: Memberikan instruksi dan mengelola aktivitas kursus online dan tugas-tugasnya.
Kelebihan: Tersedia pilihan sistem part-time, komunikasi remote, dan jadwal kerja yang fleksibel. (LUK/IGW)

Sementara itu banyak Situs yang menghubungkan antara Pemilik Project ( Owner ) dengan para Freelancer (Worker) yang sangat membantu kedua belah pihak untuk menyelesaikan masalah bersama-sama, dalam hal ini adalah menyelesaikan Project. Dengan adanya situs ini, maka kita bisa memberikan penawaran Project dan mengerjakannya dirumah saat project diterima. Tanpa ikatan jam kerja dan peraturan yang ribet. Bayaran untuk tiap project juga sangat bervariasi, ada yang nilainya Dibawah Rp 100.000,- sampai ratusan juta rupiah. Berikut Daftar 10 Situs Freelancer Terbaik.

1. Freelancer Indonesia

Freelancer Indonesia
Freelancer Indonesia via freelancer.com

Awalnya situs start up freelancer ini diluncurkan oleh Australia, namun kini start up tersebut mengembangkannya menjadi versi Indonesia. Menurut beberapa situs, Freelancer saat ini telah memiliki lebih dari 350.000 freelancer dan 25.000 perusahaan atau pencari jasa. Di dalam situs ini Anda dapat mencari berbagai macam project, mulai dari IT, jurnalistik, jasa penerjemahan, marketing, desain, dan masih banyak lagi. Proyek-proyek tersebut biasanya ditampilkan dengan nama dan deskripsi proyek, keahlian yang dibutuhkan, tenggat waktu, jumlah pelamar, dan upah. Keistimewaannya adalah anda dapat menawar upah untuk mengerjakan project yang anda pilih. Selain project regular, ada pula kontes yang dapat Anda ikuti dengan bersaing bersama freelancer lain untuk mengerjakan proyek yang hasilnya akan dinilai dan dipilih oleh klien. Selain itu Anda juga akan mendapatkan manfaat karena freelancer memberikan jangkauan yang luas bagi penggunanya, yakni di seluruh dunia. Sayangnya, di Indonesia Freelancer masihmenerima pembayaran melalui kartu kredit atau PayPal. Meskipun demikian, rencananya Freelancer Indonesia juga akan menerapkan pembayaran melalui bank.

2. Sribulancer

Sribulancer
Sribulancer Situs Kerja Online via sribulancer.com

Salah satu start up baru di situs market place Indonesia adalah Sribulancer karena website ini resmi diluncurkan pada September 2014. Sribulancer mengklaim telah memiliki lebih dari 18.800 freelancer terdaftar dengan lebih dari 770 proyek yang dipasang oleh berbagai perusahaan dan individu. Hampir sama dengan situs Freelancer Indonesia, Sribulancer juga menyediakan berbagai macam pekerjaan meski tidak sebanyak dan seluas jangkauan Freelancer Indonesia. Namun keuntungannya adalah Sribulancer tampak lebih lokal, hal ini dapat dilihat dari klien, pekerjaan, hingga sistem pembayarannya. Sribulancer menerapkan pembayaran melalui transfer bank, dimana klien melakukan pembayaran ke rekening Sribulancer yang bertindak sebagai akun rekening bersama. Hal ini tentu menjadi sebuah kemudahan bagi pasar di Indonesia yang sebagian besar penduduknya belum memiliki kartu kredit. Melihat masyarakat Indonesia lebih banyak memiliki rekening bank, maka Sribulancer menggunakan sistem pembayaran melalui transfer bank.

3. Projects

 Projects
Projects Situs Kerja Online via projects.co.id

Situs inilah yang sering digunakan oleh Penulis. Website yang diluncurkan pada November 2014 ini memiliki keunikan tersendiri. Tak sekedar menghadirkan situs untuk mencari atau menawarkan pekerjaan, melainkan Anda dapat melakukan transaksi jual beli produk digital. Produk yang dijual di Projects bervariasi, mulai dari e-book, desain kaos,software, game, template situs, dan produk digital lainnya. Keistimewaan datang lagi dari website ini yakni tersedianya program Affiliate Referral sebagai alternatif penghasilan pasif bagi pengguna. Anda sebagai pengguna dapat mempromosikan Projects melalui URL yang telah disediakan. Nanti pada akhirnya, Projects dapat melacak siapa saja yang mendaftar di situs ini berdasarkan referral tersebut. Jika orang yang baru mendaftar tersebut berhasil melakukan transaksi, maka pengguna yang memberikan referral mendapatkan komisi sebesar 10 persen hingga 20 persen (dari komisi yang didapat oleh Projects). Sangat menarik, bukan?

Baca Juga : 7 Jenis Pekerjaan Freelance Terpopuler

4. Upwork

Upwork
Upwork Situs Kerja Online via upwork.com

Anda cukup mendaftar dan memilih salah satu dari sekitar 70an kategori pekerjaan yang ada. Masing-masing kategori menawarkan beragam kerjaan atau kadang diistilahkan project. Pekerjaan-pekerjaan utama di web ini meliputi penulisan artikel, menterjemahkan, pembuatan website, membangun aplikasi, serta mendesain. Pekerjaan Anda dibayar mingguan sesuai dengan waktu yang digunakan untuk menyelesaikannya.

5. Guru 

Guru
Guru Situs Cari Kerja Online via guru.com

Guru salah satu website yang menghubungkan perusahaan dengan para freelancer. Untuk Anda yang memiliki keahlian tehnik atau sesuatu yang berhubungan dengan dunia kreatif dan dunia bisnis, website tentu menjadi pilihan yang tepat untuk mencari kerja. Sejumlah besar pekerjaan tersedia untuk para programer, pembuat game online, penerjemah, teknik sampai pengacara.

6. Fiverr

Fiverr
Fiverr Situs Kerja Online via fiverr.com

Ini salah satu situs dari luar Indonesia yang juga dapat membantu anda dalam menghasilkan penghasilan. berbagai macam pekerjaan seperti : penulis, desain, marketing, arsitek, hingga badut untuk acara. Banyak sekali pekerjaan konyol yang ditawarkan oleh penyedia jasa dalam website ini. Anda sebagai penyedia jasa harus memiliki akun terlebih dahulu, kemudian tahap awalnya adalah anda harus memasang gig yakni patokan harga. Pencari kerja yang tertarik dengan jasa Anda akan membeli gig anda seharga $5 dan Anda akan dibayar sebesar $4 ketika Anda menyelesaikan tugas tersebut. Untuk pembayarannya, anda harus memiliki akun PayPal terlebih dahulu.

7. Tenbux

Tenbux
Tenbux Situs kerja Online via tenbux.com

Tak jauh beda dengan website Fiverr, hanya saja pembedanya terletak pada kebebasan Anda memilih harga gig yang terdiri dari $5 hingga $10.

8. Problogger

 Problogger
Problogger Situs Online via problogger.net

Sekilas website ini terlihat seperti blog biasa, namun setelah Anda masuk kewbsitenya Anda akan mengetahui bahwa website ini adalah salah satu blog yang menyediakan banyak peluang kerja rumahan untuk mereka yang hobby menulis. Caranya mudah, Anda tinggal mengklik  “Job” untuk menemukan sejumlah besar tawaran kerjaan yang akan menantang Anda mengeluarkan keahlian menulis yang mungkin selama ini terpendam. Bayarannya pun oke, sesuai kualitas pekerjaan Anda.

9. IFreelance

ifreelance
iFreelance Situs Kerja Online via ifreelance.com 

iFreelance menjadi tempat yang pas bagi mereka yang ingin memperoleh penghasilan dari keahlianya dalam hal fotografi, pemesaran, teknik kesenian tradisional, video, akunting, menulis, arsitek, desain grafis, dan berbagai pekerjaan administratif.

10. Elance

Elance
Elance Situs via elance.com

Salah satu website marketplace yang cukup besar sekaligus popular di jagat internet karena di dalam situs ini terdapat marketer dan pemilik bisnis lokal melakukan outsourcing. Hal ini merupakan salah satu cara yang sangat baik bagi freelancer untuk menghasilkan uang jutaan rupiah dalam beberapa hari atau minggu jika Anda telah mengetahui cara dan tentunya memiliki kualifikasi.

Untuk Bekerja di Situs tersebut pun harus memiliki syarat dan Kualifikasi yang ditentukan. Agar BID (Penawaran) kita mudah di Acc. Berikut saya share Tips-tipsnya:
  1. Buat Profile yang "WAH"
    Semua Pemilik Project pasti akan melihat isi Profile kita. Maka dari itu kita harus membuat Profile kita lebih wah agar Owner lebih tertarik kepada kita. Jangan sekali-kali memberikan informasi Palsu tentang kita karena akan mengurangi kepercayaan Owner.
  2. Perbanyak Portofolio
    Portofolio ini sangat dibutuhkan dalam beberapa project sebagai pertimbangan utama para Owner. Semakin banyak Portofolio kita, maka nilai Profesionalitas kita akan bertambah. Artinya, seseorang yang memiliki Portofolio banyak, berarti mereka telah memiliki Pengalaman dan Jam Terbang yang tinggi. Tapi jangan lupa point pertama. Yaitu 
    Jangan sekali-kali memberikan informasi/Portofolio Palsu.
  3. Sabar dan Terus Berusaha
    Dibulan-bulan bertama anda bergabung disitus tersebut pasti tidak akan berbuah. Anda telah memberikan penawaran ke 100 Project tapi tidak ada satupun yang di Acc. Padahal anda telah capek mengetik dan lelah berfikir. Jangan Putus asa, Sabar dan Terus Berusaha. Koreksi kembali apa penyebab Project anda tidak diacc. Berikan Penawaran dan Harga yang menarik. Jika bisa, berikan harga dibawah harga yang telah ditetapkan Owner.
  4. Kembangkan Ilmu
    Ada kalanya kita melihat Project bernilai besar namun tak sesuai dengan kemampuan kita. Kembangkan ilmu anda, karena disitus tersebut akan ada 1001 ilmu yang belum anda kuasai. Semakin anda banyak menguasai ilmu, maka anda akan semakin mudah dan Percaya diri memberikan Penawaran. Tak hanya itu, anda pun akan menerima banyak Project diluar situs tersebut.
  5. Tepat Waktu
    Point terakhir ini sangatlah penting. Ketika Penawaran anda diterima, maka anda diharuskan mengerjakan Project tepat waktu sesuai dengan deadline yang ditentukan. Usahakan menyelesaikan Project jauh hari sebelum deadline karena akan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan Owner yang telah bekerjasama dengan anda. Dan dengan ini, Peluang anda untuk mendapatkan Project selanjutnya akan semakin mudah.

KESIMPULAN
Kesimpulanya adalah, Situs Marketplace bagi Freelancer ini sangat membantu. Karena bisa mempertemukan Owner dengan Worker. Tak hanya digunakan secara pribadi saja. Situs ini juga bisa digunakan bagi para Perusahaan / Startup yang sedang mencari Project-Project bagi perusahaannya.






    REFERENSI

    http://bisnis.liputan6.com/read/468716/10-pekerjaan-freelance-terbaik-untuk-yang-telah-berkeluarga

    https://www.buatusaha.com/4-situs-freelance-terbaik-untuk-bekerja-di-rumah/

    https://www.cermati.com/artikel/mau-kerja-online-cari-lowongan-kerja-freelance-di-situs-ini

    http://zurves.com/

    http:/amikom.ac.id/


    Share this

    Related Posts

    Previous
    Next Post »