Bisnis Web E-Ticketing dengan Sistem API



ABSTRAK
Dalam tema ini akan membahas Peluang Bisnis E-Ticketing dengan membuat sebuah Web dan menghubungkanya dengan API  (Application Programming Interface). Karena pesatnya perkembangan Trand E-Ticketing yang semakin luas dan mudah. Dimana kita dapat membeli Tiket Pesawat,Hotel,Travel,Tiket Konser melalui Gadget kita dirumah

ISI
API  (Application Programming Interface) merupakan sebuah teknologi yang berisi perintah, fungsi, dan protocol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak untuk system operasi tertentu. API memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi dengan system operasi dan terhubung dengan server lain. Pada pembahasan ini kita akan membahas API untuk E-Ticketing dimana kita akan menerima ribuan data secara real-time.


Keuntungan Menggunakan API untuk Web E-Ticketing:
  1. Portabilitas. Programmer yang menggunakan API dapat menjalankan programnya dalam sistem operasi mana saja asalkan sudah ter- install API tersebut. Sedangkan system call berbeda antar sistem operasi, dengan catatan dalam implementasinya mungkin saja berbeda.
  2. Lebih Mudah Dimengerti. API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa system call. Hal ini sangat penting dalam hal editing dan pengembangan.
  3. Kita tidak perlu mengupdate Harga dari ribuan data. Karena dengan sistem API. Maka harga akan terupdate secara otomatis sesuai dengan API yang kita gunakan.
  4. Tidak terlalu membebani Server kita

Daftar Provider Tiket yang menyediakan API
  1. Tiket.com
  2. Klikmmbc.co.id
  3. satutiket.com
  4. wegoo
  5. Maskapai Penerbangan masing-masing

Contoh dalam kasus ini Web Kita menggunakan API yang disediakan oleh tiket.com . Cukup menghubungkan Web kita dengan API yang telah disediakan oleh tiket.com. Kita berikan perintah API ditiap-tiap button / fungsi agar dapat melakukan calls data sehingga dapat berinteraksi server tujuan dan kita tidak perlu melakukan Update Harga karena harga tiket.dll akan otomatis terupdate dari server pusat yang telah terhubung melalui API. Semua dokumentasi API ada di http://docs.tiket.com/

Sebelum menggunakan api itu, kita harus menjadi Partner Provider, dalam kasus ini adalah tiket.com. Model Partner yang ditawarkan mereka ada 2 yaitu:
  1. Deposit
    Dimana semua pembayaran transaksi yang terjadi di web kita akan dipotong melalui sistem deposit. Sehingga kita dapat memproses pembayaran secara mandiri.
  2. Non-Deposit
    Semua pembayaran dibayarkan ke tiket.com
Lalu bagaimana dengan pembagian FEE-nya ?. Mereka akan memberikan kita FEE sekian persen dari tiap tiap transaksi yang masuk. Misalkan 1 Tiket dibeli mendapatkan Fee Rp 10.000,- maka, jika dalam satu hari ada 10 Pemesan, kita akan mendapatkan Fee Rp 100.000,-.
Itu hanyalah gambaran saja. Kita bisa menjalankannya lebih dari itu. 
Jika anda ingin membuat Website dengan integrasi API termasuk Web E-Ticketing, anda bisa menghubungi www.hostingmu.net Penyedia Layanan Hosting dan Domain terbaik di Indonesia serta Jasa Pembuatan Website Murah Professional

Referensi
https://wirasetiawan29.wordpress.com/2014/08/17/apa-itu-api/



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »