Tips Menyelamatkan Hp Android Yang Tercebur ke Air

Hp android kecebur air- Pernahkan Anda merasa panik ketika tanpa disengaja smartphone yang baru dibeli tercebur ke air? Pastinya sebagian besar kita akan langsung merasa panik, jelas saja sebab smartphone baru dan harganya pun tidak murah harus rusak karena tercebur, suatu kejadian yang sangat tidak menguntungkan. Tapi Anda tak perlu cemas, dengan melakukan tips menyelamatkan hp Android yang tercebur ke air di bawah ini maka ponsel Anda masih bisa menyala kembali.

Komponen elektronik yang terdapat dalam smartphone Anda memang sangatlah rentan terhadap cipratan dan tetesan air. Sedikit saja ada air yang masuk maka dapat dipastikan ponsel tersebut akan mati dan tak berfungsi lagi. Namun jika ditangani dengan cepat dan tepat, bukan hal yang mustahil untuk smartphone Anda dapat berfungsi normal kembali

Langkah penyelamatan apa saja hal yang perlu diperhatikan saat smartphone tidak sengaja tercebur ke air, berikut tipsnya:

Hp Android Kecebur di Air

Ambil segera hp dari air
Saat ponsel tercebur ke air dipastikan ponsel tersebut akan langsung mati. Dengan segera memisahkan ponsel dari genangan air, maka akan meminimalisir kerusakan yang lebih fatal.

Jangan hidupkan dulu hp.
Jangan terburu-buru untuk menghidupkan smartphone Anda, karena ponsel mati belum tentu rusak. Justru jika langsung dinyalakan akan mengakibatkan short-circuit pada komponen elektrik di dalam ponsel yang berujung pada kerusakan total.

Gunakan kain untuk mengeringkan bagian luar hp
Segera keringkan bagian luar dari ponsel Anda, agar airnya tidak terlalu banyak masuk ke bagian dalam ponsel. Pastikan bagian luarnya kering secara sempurna.
Hp Android Kecebur di Air

Lepaskan baterai, simcard dan memori card
Setelah bagian luar ponsel kering segera lepas komponen yang bisa dipisahkan dari smartphone Anda. Buka cover belakang lalu pisahkan baterai, simcard, dan memori card dari ponsel Anda.

Keringkan bagian dalam dengan vacuum cleaner
Vacuum cleaner berfungsi untuk meghisap air yang merembes sampai ke bagian dalam ponsel, pastikan Anda mengeringkannya secara menyeluruh hingga tak ada lagi tetesan yang keluar.Jangan menggunakan hair dryer yang justru akan mendorong tetesan air menuju komponen inti dari Smartphone Anda.

Rendam dalam beras
Setelah dikeringkan dengan vacuum cleaner sebaiknya Anda merendam bagian-bagian smartphone Anda ke dalam beras. Beras berfungsi untuk menyerap air serta kelembaban yang ada pada komponen-komponen smartphone secara maksimal. Rendam selama 3 hari dalam beras lalu jemur dengan sinar matahari selama 1 jam.

Pasang dan nyalakan hp
Setelah selesai direndam dalam beras dan dijemur, saatnya menyalakan kembali smartphone Anda. Tentunya setelah menerapkan langkah di atas smartphone Anda akan berfungsi kembali seperti sediakala.


Terkadang kita memang sering kali ceroboh dan teledor dalam penggunaan smartphone yang berakibat pada terceburnya ponsel Android kita. Dengan tips menyelamatkan hp Android saat tercebur air seperti yang dijelaskan di atas Anda kini bisa lebih tenang saat menghadapi kejadian ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »