Berawal Dari Cupcake, Android Siap Lahirkan “Android N”

Berawal Dari Cupcake, Android Siap Lahirkan “Android N” - Baru saja merilis versi terbaru sistem operasi Andoid yaitu Android 6.0 Marshmallow pada Oktober 2015,  kini Android siap melahirkan versi terbarunya dengan codename, “Android N”. Android merupakan sistem operasi yang dirancang khusus untuk perangkat bergerak pada smartphone atau tablet. Sistem operasi ini dikembangkan atas kerjasama dari Android Inc dengan Google.

Sejak merilis versi pertamanya pada 2008 dengan nama Android 1.0 atau dikenal dengan Android Beta, sistem operasi ini terus mengembangkan kreasi dan teknologinya menjadi salah satu sistem operasi paling berkembang di dunia. Dilanjutnya dengan tipe yang semakin baru yang dinamai dengan codename berdasarkan berbagai jenis makanan manis, Android semakin berkembang hingga kini siap melahirkan tipe terbaru dengan codename “Android N”

Berawal dari Cupcake dan berkembang menjadi Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat dan yang terakhir adalah Marshmallow yang baru dirilis Oktober 2015 kemarin, Android siap menghadirkan Android N yang sudah pasti akan hadir dengan berbagai kecanggihan fitur terbaru dan terbaik dari Android. Tahun ini, kita akan melihat berbagai perkembangan bertahap Android 6.0 Marshmallow hingga sampai pada Android 7.0.

Pengembangan final dari Android 7.0 akan dirilis bertepatan dengan peluncuran next-gen Nexus yang diperkirakan akan dilakukan pada akhir Oktober atau awal November 2016. Sistem operasi terbaru ini akan dibatasi untuk Nexus, yang merupakan produk andalan milik  Google pada awal peluncurannya, namun akan tetap dibuka untuk produsen perangkat dan jaringan operator lain selama enam bulan atau lebih.

Fitur Android-N pertama yang dikonfilmasikan adalah multi-window mode. Versi multi-window mode ini sudah digunakan pada Android Marshmallow tetapi akan dikembangkan dan dipoles lebih jauh sebagai fitur Android N. Dalam konfirmasinya, diketahui bahwa beberapa fitur yang akan hadir dalam Android N ini meliputi multi-tasking yang lebih fungsional, optimalisasi berbagai aplikasi, penyesuaian tombol NAV, DPI swicher, pengembangan mini-apps dan Sistem UI Tuner yang akan dikembangkan lebih spesifik.

Dikonfirmasikan pula bahwa Google akan mengganti Android’s Java language libraries menjadi OpenJDK pada Android N. Meski begitu, Open JDK masih merupakan bagian dari Java Development Kit milik Oracle Corporation. Perubahan ini akan membuat pengembangan untuk Android N menjadi lebih mudah. App Drawer juga menjadi salah satu yang akan dirubah pada Android N. Pada LG G5 dan HTC One X9, sistem app drawer ini telah dihapuskan sementara pada Galaxy S7 para pengguna memiliki pilihan untuk menggunakan atau menghapus app drawer ini.


Sama halnya dengan Sony Xperis yang menyediakan tampilan klasik dan modern, dengan atau tanpa app drawer. Meskipun belum dikonfirmasikan secara resmi oleh Google, sebuah video untuk Google Maps telah mengonfirmasikan penghapusan app drawer pada Android N.Sistem operasi Android selalu menawarkan dan mengembangkan kemudahan pada para pengguna tablet. Seiring dengan itu, kita tunggu saja gebrakan baru yang akan disajikan dalam Android N ini. Kira – kira, nama makanan apa yang akan dipilih sebagai ikon Android 7.0 ini ya? mungkinkah Nectar, Nacho atau Nougat. Kita tunggu saja pada konfirmasinya Mei mendatang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »