Cara Menghentikan Auto-Play Video di Instagram Pada Android

Cara Menghentikan Auto-Play Video di Instagram Pada Android - Beberapa waktu terakhir ini, banyak media sosial yang memberikan fitur autoplay video tanpa mewajibkan pengguna untuk meng-klik ikon Play atau View. Bagi sebagian pengguna fitur ini tentunya dirasa sangat nyaman dan membantu akses media video di-timeline mereka, namun tidak sedikit pula yang merasa bahwa fitur ini hanya dibuat untuk meningkatkan interaksi sebuah postingan dalam bentuk jumlah penayangan yang banyak.Selain itu, para pengguna juga mengeluhkan borosnya penggunaan paket data jika fitur autoplay tetap aktif pada akunsosmed mereka.

Sebut saja pada aplikasi Instagram yang baru-baru ini juga mengadopsi fitur autoplay pada timeline para pengguna aplikasi mereka. Sebenarnya adakah cara untuk cara menghentikan fitur autoplay pada Instagramversi Android ini? Sebab, setiap video akan ditayangkan secara otomatis tanpa perlu persetujuan pengguna, berupa klik Play atau View. Jadi, saat pengguna memeriksa jumlah pemakaian data, sudah tentu pemakaian kuota data akan meningkat dalam jumlah yang signifikan.

Untuk menanggapi maraknya keluhan tersebut, beberapa pengembang aplikasi memberikan solusi mudah untuk para penggunanya yakni menyediakan opsi untuk mematikan fitur autoplay video ini. Namun sangat disayangkan, tim developer dari Instagramsaat ini belum menyediakan fitur untuk menghentikan mode autoplay video secara permanen di aplikasi mereka ini.Dengan demikian, hal yang bisa Anda lakukan sebagai penggunanya adalah memastikan bahwa video tidak berada dalam kondisi loading saat Anda sedang terkoneksi dengan paket data.

Setelah berulangkali mencoba akhirnya beberapa orang yang suka meng-opreksmartphone Android mereka berhasil menemukan caranya, berikut inicara yang bisa Anda terapkan untuk mematikan autoplay video pada Instagram untuk perangkat berbasis Android.

Cara Menghentikan Auto-Play Video di Instagram

·     1.   Buka aplikasi Instagrampada ponsel Anda dan masuk ke halaman Profile dengan menyentuh ikon siluet orang.
·     2.     Masuk ke menu Setting (pada ponsel Android sentuh ikon tiga titik vertikal di pojok kanan halaman Profile).
·    3.     Pada halaman Setting, scroll ke bawah hingga Anda menemukan pilihan "Cellular Data Use"
·  4.  Setelah itu Anda pilih "Use Less Data" untuk menghentikan video pre-loading saat ponsel Anda sedang terhubung pada Internet menggunakan paket data. Satu hal yang perlu diingat, dengan menggunakan fitur ini maka video yang muncul di timeline Instagrammasih akan terus dalam kondisi pre-loading bahkan ketika Anda menggunakan koneksi jaringan Wi-Fi.


Dengan menggunakan pengaturan ini, selain memperlambat proses pre-loading video, Anda juga menghentikan pre-loading gambar-gambar pada saat Anda membuka Instagram. Namun setidaknya dengan pengaturan inidapat membantu Anda mencegah penggunaankuota dari paket data secara berlebihan, bukan? Dengan menghentikan fitur auto play video di Instagram pada smartphone AndroidAnda, tentunya tak akan ada lagi tragedi kuota internet yang habis atau kebocoran paket data. Anda bisa jadi lebih berhemat bukan?

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »